Netflix Resmi Tutup Layanan Penyewaan DVD

Telset.id, Jakarta – Netflix yang dikenal dunia sebagai aplikasi streaming film atau serialĀ  secara resmi menutup layanan penyewaan DVD mereka. Ini dilakukan mulai 29 September 2023 kemarin.

Sebelumnya di awal tahun 2023, Netflix sempat menyatakan bahwa berkurangnya permintaan untuk penyewaan fisik membuat sulit untuk mempertahankan kualitas layanan DVD mereka sampai akhirnya resmi ditutup akhir bulan ini.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Sabtu (30/09/2023), penutupan layanan penyewaan menandakan transisi penuh Netflix menjadi penyedia hiburan berbasis digital atau streaming.

Perlu diketahui kalau Netflix awalnya hadir di tahun 1998 sebagai penyedia layanan penyewaan DVD, dengan pengiriman DVD pertamanya film Beetlejuice. Sejak itu, Netflix telah menyewakan 5,2 miliar DVD kepada lebih dari 40 juta pelanggan.

BACA JUGA:

Meskipun era streaming muncul pada tahun 2007, tetapi penting untuk diingat bahwa bisnis DVD masih tetap merajai terlebih koneksi internet saat itu belum merata sehingga masih sulit untuk menikmati konten streaming dengan maksimal.

Penyewaan DVD tidak hanya memperkenalkan hiburan sesuai permintaan kepada jutaan orang, tetapi juga memberi Netflix pendapatan dan basis pelanggan yang diperlukan untuk berinvestasi di masa depan digital seperti saat ini, yang dahulu dianggap remeh.

Dengan lebih dari 238 juta pelanggan saat ini, Netflix telah menjadi identik dengan streaming, tetapi akarnya di dunia DVD sangat penting untuk pertumbuhannya. Sebenarnya penurunan popularitas DVD bukan hanya masalah Netflix.

Penjualan global untuk DVD turun 19% dari 2021 hingga 2022, dan Disney menghentikan produksi DVD dan Blu-ray di Australia. Namun, Netflix membuat transisi ini sedikit lebih manis untuk penggemar DVD mereka yang tersisa.

Pelanggan dapat menyimpan DVD yang disewa apa pun yang mereka miliki saat ini. Bahkan mereka memesan hingga 10 film lagi untuk membantu perusahaan membersihkan sisa stoknya, sekaligus bisa sebagai kenang-kenangan.

BACA JUGA:

Netflix adalah bukti bahwa inovasi layanan harus terus dilakukan seiring perkembangan teknologi, sehingga mereka bisa menjaga bisnis dengan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI