Netflix Bakal Kirim Stok DVD Terakhirnya Kepada Pelanggan

Telset.id, Jakarta – Netflix kini telah mengumumkan akan mengirimkan stok persewaaan DVD terakhirnya, dan ini menandai akhir dari era persewaaan DVD yang membantu membuat perusahaan menjadi besar.

Bagi yang belum tahu, jauh sebelum terkenal menjadi platform streaming film dan serial terkenal, Netflix adalah layanan penyewaan DVD yang berbasis online dengan skema pembayaran bulanan.

Berdasarkan postingan Twitter X di akun resmi Netflix, perusahaan mengatakan akan mengirim DVD finalnya pada tanggal 29 September 2023, namun perusahaan juga memastikan bahwa amplop merah akan menjadi simbol abadinya terhadap hiburan.

BACA JUGA:

Kembali pada bulan April 2023 lalu, raksasa penyedia streaming ini mengumumkan akan menutup bisnis persewaan DVD pada tanggal 29 September, dan menegaskan bahwa semakin kecilnya permintaan untuk penyewaan fisik membuat perusahaan semakin sulit untuk memberikan penawaran yang berkualitas.

Sebagai informasi, Netflix mengirimkan CD pertamanya yang berjudul Beetlejuice pada tahun 1998, dan sejak hari itu perusahaan telah mengirimkan sebanyak 5,2 miliar film dalam amplop merah kepada lebih dari 40 juta pelanggan.

Lalu pada tahun 2007 penyewaan DVD membuka jalan bagi Netflix untuk memperkenalkan layanan streaming on-deman, dan dengan cepat ini berkembang menjadi penawaran paling populer dari perusahaan pada tahun 2009 lalu.

Kini penyewaan DVD tersebut hanya tinggal kenangan, seiring dengan luasnya kemampuan Netflix untuk memproduksi konten streaming sendiri, dan memiliki lebih dari 238 juta pelanggan. Setelah itu, persewaan DVD beralih ke DVD.com yang masih menjadi bagian dari Netflix.

Walaupun para pecinta video masih menyukai versi fisik, seperti DVD dan Blu-ray, penjualan DVD di seluruh dunia anjlok hingga 19 persen pada tahun 2021 sampai 2022. Di sisi lain, Disney juga telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan produksi DVD dan Blu-ray di wilayah Australia.

BACA JUGA:

Meskipun hal ini adalah akhir dari era penyewaan DVD, tetapi ada salah satu hal baik bagi pecinta video fisik. Netflix mengumumkan bahwa siapa pun yang masih memiliki film sewaan di rumah mereka dapat menyimpan disk tersebut, dan bahkan bisa meminta tambahan 10 film lagi, agar perusahaan dapat mengosongkan stok DVDnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI