Meta Kembangkan Model AI Canggih untuk Melawan OpenAI

Telset.id, Jakarta – Meta Platform sedang mengerjakan sistem kecerdasan buatan atau AI terbaru yang akan dilatih sehingga menjadi model AI paling canggih untuk melawan OpenAI.

Menurut laporan Wall Street Journal, model AI ini siap melatihnya pada tahun 2024 mendatang, dan diklaim beberapa kali lebih kuat daripada versi komersialnya yang dijuluki Llama 2.

Sekedar informasi, Llama 2 adalah model bahasa AI open-source Meta yang diluncurkan pada bulan Juli 2023, dan didistribusikan oleh layanan cloud Azure Microsoft untuk bersaing dengan ChatGPT OpenAI dan Bard Google.

Nantinya sistem AI ini dapat membantu perusahaan dalam membangun layanan yang menghasilkan teks, analisis, dan output canggih lainnya. Sementara itu dikutip Telset dari Gadgets 360 pada Senin (11/09/2023), Meta tidak segera menanggapi mengenai isu tersebut.

BACA JUGA:

Harus diakui kalau Bisnis dan perusahaan telah berbondong-bondong ke pasar AI generatif yang baru lahir untuk kemampuan yang lebih baru dan menyempurnakan proses bisnis sejak peluncuran ChatGPT OpenAI pada akhir tahun lalu.

Sebelumnya pada Agustus 2023, Meta merilis model AI yang mampu menerjemahkan dan menyalin ucapan dalam lusinan bahasa, blok bangunan potensial untuk alat yang memungkinkan komunikasi real-time lintas perbedaan bahasa.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa model SeamlessM4T yang dapat mendukung terjemahan antara teks dan ucapan dalam hampir 100 bahasa, serta terjemahan ucapan-ke-ucapan penuh untuk 35 bahasa. Model AI ini juga dapat menggabungkan teknologi yang sebelumnya hanya tersedia dalam model terpisah.

Tidak hanya Meta, Bloomberg menulis kalau pada bulan Juli bahwa Apple sedang mengerjakan penawaran AI yang mirip dengan ChatGPT OpenAI dan Google Bard. Apple membangun kerangka kerjanya sendiri, yang dikenal sebagai Ajax, untuk membuat model bahasa besar dan juga menguji chatbot yang oleh beberapa insinyur disebut Apple GPT.

BACA JUGA:

Pengembangan model AI yang dilakukan Meta, Apple atau perusahaan lainnya tentunya sangat menguntungkan kita sebagai pengguna sehingga kita tunggu saja perkembangkan berikutnya dari teknologi AI yang diciptakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI