INTERNET

Gojek dan Tokopedia Merger, Apa Untungnya Buat Mitra dan Konsumen?

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Gojek dan Tokopedia sepakat untuk bergabung dalam satu grup bernama GoTo. Langkah merger kedua perusahaan teknologi asli Indonesia ini disebut-sebut bakal menguntungkan para mitra driver Gojek dan merchant Tokopedia. Benarkah?

Tak lama setelah merger Gojek dan Tokopedia diumumkan ke publik, pihak Gojek langsung merilis pengumuman aksi korporasi perusahaan itu melalui aplikasi mitra driver mereka.

Pengumuman tersebut berisi penjelasan terkait apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh para mitra dari hasil merger kedua perusahaan itu (Gojek dan Tokopedia).

Dari hasil tangkapan layar yang diterima tim redaksi Telset pada Senin (17/5/2021), pengumuman itu menjelaskan bahwa Gojek dan Tokopedia memutuskan untuk melangkah bersama ke dalam grup baru bernama GoTo.

“Hari ini adalah waktu yang bersejarah bagi kita dimana Gojek bersama Tokopedia sebagai sesama perusahaan karya anak bangsa dengan kesamaan visi dan misi melangkah bersama dalam keluarga besar baru GoTo,” tulis Gojek.

{Baca juga: Gojek dan Tokopedia Merger, Tergabung Dalam Grup GoTo}

Pengumuman itu menjelaskan bahwa GoTo menghadirkan potensi pasar yang lebih besar dan luas bagi mitra. Grup ini berkomitmen untuk menghadirkan dampak yang semakin luas, nyata, dan berkelanjutan bagi Indonesia dan Asia Tenggara.

“Terima kasih mitra driver, bersama kita telah menjadi perusahaan yang diperhitungkan serta disegani di Tanah Air dan di dunia internasional. Salam Satu Aspal,” tutup Gojek.

Pengumuman yang diberikan Gojek kepada mitra driver

Merger Untungkan Mitra dan Konsumen

Merger kedua perusahaan ke dalam grup GoTo diklaim dapat menguntungkan para mitra driver dan merchant. CEO GoTo, Andre Soelistyo, mengklaim pendapatan driver dan usaha dari para merchant akan semakin meningkat.

“Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain
dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia,” ujar Andre.

“Sementara penjual dan mitra merchant akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Hadirnya GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” tambahnya.

{Baca juga: Teken Perjanjian Jual-Beli, Gojek dan Tokopedia Sepakat Merger?}

Lebih lanjut, Andre juga mengatakan bahwa dari sisi konsumen, mereka bisa lebih mudah mendapatkan layanan terbaik dari Gojek maupun Tokopedia.

“Bagi konsumen, grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka. Ini adalah langkah selanjutnya dari perjalanan yang luar biasa Gojek dan Tokopedia,” jelas Andre.

Grup GoTo sendiri dipimpin oleh jajaran direksi yang merupakan pendiri Gojek dan Tokopedia. GoTo adalah merupakan grup teknologi yang mengombinasikan layanan e-commerce, on-demand, dan layanan keuangan serta pembayaran.

Ilustrasi merger Gojek dan Tokopedia

GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terbesar yaitu Gojek dan Tokopedia. Penyatuan kedua perusahaan akan menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global.

{Baca juga: Gojek dan Tokopedia akan Merger, Valuasi Mencapai Rp 250 Triliun}

Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia. (NM/MF)

Leave a Comment