Internet Starlink Bakal Bisa Terhubung Langsung ke Smartphone

Telset.id, Jakarta – Jaringan internet Starlink di masa depan bakal lebih luas. Pasalnya SpaceX, selaku pengembang berencana untuk membuat jaringan internet Starlink agar dapat terhubung langsung ke smartphone.

Starlink adalah layanan internet berbasis satelit yang dikembangkan oleh SpaceX yang bertujuan untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke daerah terpencil dan kurang terlayani.

Jaringan ini terdiri dari konstelasi satelit orbit bumi rendah kecil yang bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi lokal untuk menyediakan akses internet broadband. Pada September 2022, konstelasi Starlink terdiri dari lebih dari 3.000 satelit dan telah memiliki 500.000 pelanggan pada Juni 2022.

Namun, SpaceX tidak puas dengan pencapaian tersebut. Perusahaan pimpinan Elon Musk itu ingin menghadirkan jaringan internet yang dapat terhubung langsung dengan perangkat smartphone.

BACA JUGA: 

SpaceX telah mengajukan aplikasi ke Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) untuk melengkapi beberapa satelit Starlink generasi kedua dengan perangkat keras yang dapat menghubungkan jaringan secara langsung ke smartphone.

Dengan kata lain, ini akan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone mereka langsung ke jaringan Starlink, memberi mereka akses internet berkecepatan tinggi dari luar angkasa.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Kamis (15/12/2022), SpaceX telah meluncurkan 3.500 satelit Starlink generasi pertama, dan telah menerima persetujuan dari FCC untuk meluncurkan 7.500 satelit generasi kedua atau “Gen2”.

jaringan internet starlink smartphone

Melalui satelit Gen2 yang mampu menghubungkan internet ke smartphone, SpaceX berharap dapat menyediakan layanan suara, perpesanan, dan penjelajahan web dasar kepada pengguna dengan kecepatan puncak hingga 18,3 Mbps.

Rencananya SpaceX, akan berkolaborasi dengan T-Mobile dalam penyediaan layanan internet berbasis satelit ke pengguna HP.

BACA JUGA: 

Bahkan pada bulan Agustus 2022, T-Mobile mengumumkan rencana untuk menghubungkan dua jaringan data dalam upaya untuk memberantas zona tanpa sinyal di Amerika Serikat, dan bekerja sama dengan SpaceX adalah bagian dari upaya pemerataan jaringan tersebut.

Jika semua berjalan sesuai rencana, SpaceX dapat menawarkan cakupan jaringan internet satelit ke pengguna smartphone dengan dukungan 2.000 satelit Gen2, pada tahun 2024 atau 2025 mendatang. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0