Google Doodle Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76

Telset.id, Jakarta – Google Doodle turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Doodle menampilkan kebudayaan Indonesia di halaman depan mulai dari pakaian adat hingga alat musik khas Nusantara.

Berdasarkan pantauan tim Telset pada Selasa (17/8/2021), tampilan Doodle bertema HUT RI ke-76, sudah ada sejak pagi. Wujudnya yaitu ilustrasi 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang mengenakan pakaian adat Indonesia.

Baca juga: Google Doodle Kenang Sariamin Ismail, Novelis Wanita Pertama Indonesia

Tidak lupa ketiga orang tersebut mengenakan masker sebagai tanda bahwa pandemi Covid-19, belum berakhir.

Google Doodle Tampilkan Kebudayaan Indonesia 

Ternyata Google pun memberikan alasan mengapa menampilkan kebudayaan Indonesia di hari kemerdekaan. Dilansir Telset dari laman resmi Doodle pada Selasa (17/8/2021), Indonesia memiliki lebih dari 300 etnis yang tersebar di berbagai pulau.

Masing-masing etnis memiliki kebudayaan masing-masing, sehingga Google ingin menonjolkan bahwa Indonesia adalah negara yang multikultural, dan tetap bersatu walaupun berasal dari etnis yang berbeda.

“Karena Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang unik, perayaan hari kemerdekaannya mencerminkan identitas multikulturalnya sambil juga mempromosikan solidaritas Bhinneka Tunggal Ika,” kata Doodle.

Google juga menjelaskan mengenai ilustrasi yang ditampilkan di momen kemerdekaan ini. Menurutnya setiap huruf dalam karya seni Doodle menggambarkan unsur-unsur kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Sambut Olimpiade Tokyo, Google Doodle Hadirkan Game Olahraga, Sudah Coba?

Dimulai dari sebelah kiri yakni alat musik Sasando yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Kemudian seorang pria yang mengenakan baju adat melayu yang sedang menabuh alat musik pukul Rebana.

Berikutnya ada topeng Hudoq dari Kalimantan Timur dan perempuan penari kipas Pakarena dari Sulawesi Selatan. Terakhir ada alat musik Tifa dari Maluku dan seorang yang memainkan alat musik Gambus.

“Tahun ini memiliki makna berbeda di mana komunitas tetap kuat untuk saling melindungi dan tetap merayakan identitas mereka di rumah,” tambah Google.

Hari Kemerdekaan Indonesia Google Doodle

Ilustrasi ini sendiri dibuat oleh ilustrator Indonesia bernama Kathrin Honesta. Kathrin mendapatkan kesempatan dari Doodle untuk membuat ilustrasi di momen kemerdekaan ini.

Baca juga: Google Doodle Mengenang Sosok Seniman Batik Go Tik Swan

“Artis tamu Kathrin Honesta mengilustrasikan Doodle hari ini untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, yang secara resmi dikenal sebagai Hari Kemerdekaan dan bahasa sehari-hari sebagai Tujuhbelasan,” tutup Google. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0