Penampakan Logo Google Chrome yang Baru, Lebih Cerah dan Modern

Telset.id, Jakarta – Google ganti logo browser Chrome setelah 8 tahun tak pernah melakukan perubahan logo terbaru sama sekali. Kira-kira, seperti apa logo baru dari browser Google Chrome sekarang?

Perubahan logo yang baru dari Google Chrome ramai diperbincangkan warganet usai desainer Elvin Hu membagikan emblem baru browser tersebut di Twitter.

Desainer Google Chrome tersebut menjelaskan kalau perubahan logo terbaru pada browser dilakukan setelah 8 tahun tak pernah berganti ikon. Akan tetapi, logo Google Chrome yang baru belum bisa dilihat pengguna secara umum.

Elvin menuturkan, ikon yang baru cuma bisa dilihat apabila pengguna menggunakan CHrome Canary atau browser khusus pengembang web saja. Namun, raksasa pencarian tersebut berjanji logo yang baru akan tampil di muka umum dalam beberapa bulan ke depan.

Tidak lupa, ia juga menampilkan foto perubahan logo yang terjadi di tahun 2008, 2011, 2014, dan 2022 ini.

Baca juga: Ekstensi Google Chrome Terpopuler

“Beberapa dari Anda mungkin telah memperhatikan ikon baru di pembaruan Canary Chrome hari ini. Ya! kami menyegarkan ikon merek Chrome untuk pertama kalinya dalam 8 tahun. Ikon baru akan segera muncul di perangkat Anda,” kata Elvin.

Sebagai orang di belakang layar terkait perubahan ikon ini, Elvin menyatakan kalau aspek yang berubah pada logo Google Chrome yang baru terletak pada bayangan dan kecerahan warna.

Elvin dan tim menghilangkan efek bayangan dan meningkatkan kecerahan warna sehingga logo menjadi lebih modern.

“Kami menyederhanakan ikon merek utama dengan menghilangkan bayangan, menyempurnakan proporsi dan mencerahkan warna, untuk menyelaraskan dengan ekspresi merek Google yang lebih modern,” jelas Elvin.

Dibocorkan pula mengenai tampilan logo Chrome di beberapa OS. Misalnya untuk OS Windows 10 dan Windows 11, gradasi warna pada Chrome akan terlihat sehingga warna akan tampak lebih gelap.

“Kemudian, kami membuat penyesuaian khusus OS. Kami ingin ikon terasa seperti Chrome, tetapi juga dibuat dengan baik untuk setiap OS. Misalnya, pada Windows, ikon terlihat jelas bergradasi, muncul di rumah pada Windows 10 & 11,” ungkap Elvin.

Sedangkan di ChromeOS pada Chromebook, tidak ada gradasi warna pada logo dengan tujuan agar warna logo bisa sesuai dengan ikon sistem lainnya.

Baca juga: 10 Chromebook Murah Terbaik 2022

“Di ChromeOS, mereka menggunakan warna yang lebih cerah tanpa gradien agar sesuai dengan tampilan ikon sistem lainnya,” sambung Elvin.

Lalu di MacOS, ikon akan tampil dengan efek 3D dan pemberian pita bertuliskan Beta untuk Chrome Beta. Hal ini dilakukan karena ingin menyesuaikan dengan ikon sistem lainnya di Mac.

“Di macOS, mereka terlihat 3D. Untuk Beta dan Dev, kami menerapkan pita warna-warni pada mereka,” pungkas Elvin.

Perubahan logo terbaru pada Google Chrome merupakan inovasi yang bagus di awal tahun 2022. Mungkin saja tampilannya jauh lebih bersih dan menarik, serta tak lagi membebani RAM laptop/PC ke depannya. Semoga saja. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0