Canggih, Fitur Baru Google Assistant Belajar Kenali Suara Pengguna

Telset.id – Fitur baru Google Assistant belajar mengenali suara pengguna. Menurut laporan Phone Arena, 9to5Google telah menemukan serangkaian kode rahasia dalam iterasi baru aplikasi Google untuk Google Assistant.

Rangkaian kode pengenalan ucapan personalisasi dapat muncul di setelan Google Assistant dengan deskripsi, “Simpan rekaman audio di perangkat untuk membantu Asisten Google mengenali ucapan Anda secara lebih baik”.

BACA JUGA: Google Assistant Putar Lagu Vaksin Covid-19, Begini Cara Mintanya

“Audio tetap di perangkat dan bisa Anda hapus kapan saja dengan menonaktifkan pengenalan ucapan personalisasi. Silakan pelajari lebih lanjut,” demikian lanjutan deskripsinya, seperti Telset kutip pada Minggu (29/5/2022).

Google sudah memiliki artikel dukungan tentang “pembelajaran gabungan”. Halaman dukungan mengatakan, “Pembelajaran gabungan adalah teknologi peningkatan privasi untuk meningkatkan kemampuan perangkat”.

“Pembelajaran gabungan tidak akan mengirimkan data mentah pengguna ke server Google. Google Assistant menggunakan pembelajaran gabungan untuk meningkatkan kemampuan “Hey Google” ketika pengguna tanya sesuatu.”

Saat bertanya “Hey Google, bagaimana cuaca besok?”, model perangkat mendeteksi bahwa Anda mengatakan “Hey Google”, lalu mengirimkan kueri ke Google Assistant. Model itu mungkin aktif saat Anda tidak menginginkannya.

Google mungkin ingin memperluas kemampuan itu dari perangkat rumah pintar Anda ke produk seluler yang bersistem operasi Android. Data-data akan tetap ada di perangkat sampai Anda memutuskan menonaktifkan sistem.

BACA JUGA: Google Assistant Paling Pintar, Alexa dan Siri “Kurang Terlatih”

Fitur baru Google Assistant adalah bagian upaya Google untuk memungkinkan pengguna melakukan percakapan lebih alami mulai tahun depan. Fitur baru Google Assistant bakal hadir selama penyelanggaraan Google I/O 2022.

Kecerdasan Google Assistant memang tidak perlu diragukan. Sebelumnya, tim pelatihan AI bernama pernah merilis hasil penelitiannya tentang kecerdasan dari tiga asisten digital populer, yakni Google Assistant, Siri, dan Alexa. Hasilnya, Google Assistant dinilai yang paling pintar dari ketiganya.

Berdasarkan hasil studi dari Bespoken, pertanyaan sederhana yang dijawab benar oleh Google Assistant adalah 76,57%, Alexa 56,29%, dan Siri 47,29%. Sementara untuk pertanyaan kompleks, Google Assistant menjawab 70,18%, Alexa 55,05%, dan 41,32% untuk Siri. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0