Resmi Diluncurkan, Ini 5 Fitur Menarik di Android 14 Beta 1

Telset.id, Jakarta – Google merilis Android 14 Beta 1 ke publik, dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur yang mampu melindungi pengguna disabilitas.

Usai meluncurkan Android 14 Developer Preview pada Februari dan Maret 2023, Google kini membawa Android 14 Beta 1 ke pengguna secara terbatas. Sama seperti versi Developer Preview, OS Android ini akan hadir dalam beberapa versi di rentang bulan tertentu.

Bulan April hingga Mei adalah Android 14 Beta 1 dan Beta 2. Berikutnya Juni dan Juli 2023 adalah versi Platform Stability dan Android 14 sebelum akhirnya resmi diluncurkan.

BACA JUGA:

5 Fitur Menarik di Android 14 Beta 1

Fitur Android 14 Beta 1

Terdapat beberapa fitur menarik yang ada di Android 14 Beta 1 serta lebih aman dibandingkan versi sebelumnya. Dikutip Telset dari situs resmi Android Developers pada Kamis (13/04/2023), berikut ini kelima fitur yang dimaksud.

1. Mendukung Smartphone dan Tablet Lipat 

Android 14 dibuat untuk mendukung tablet dan smartphone yang dapat dilipat. Sehingga Google telah membuat alat dan sumber daya yang cukup di Android 14 Beta 1 untuk membantu menyempurnakan pengalaman aplikasi termasuk inspirasi desain dan panduan pengembangan di perangkat lipat.

2. Sistem UI yang Lebih Cerdas 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap rilis Android terbaru Google membawa penyempurnaan pada Sistem UI. Salah satunya adalah  menyertakan panah yang lebih menonjol.

Panah yang lebih menonjol di bagian kiri layar, dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Apalagi panah belakang juga dilengkapi oleh wallpaper atau tema perangkat terbaru yang lebih menarik.

3. Tampilan Aplikasi Lebih Terlihat

Android 14 menambahkan fitur grafik baru bernama Path API Android 14 yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi Anda benar-benar menonjol. Fitur ini mampu untuk membuat dan merender grafik vektor.

Path API ini juga menyertakan fungsionalitas untuk interpolasi antar jalur yang strukturnya sama persis, mampu mengaktifkan efek morphing dan library AndroidX sehingga tampilan grafis aplikasi lebih halus dan terlihat.

4. Bahasa Pemograman yang Bervariasi 

Android 14 meningkatkan preferensi bahasa per aplikasi, yang memungkinkan pengembang melakukan penyesuaian bahasa secara dinamis yang akan ditampilkan di daftar bahasa per aplikasi pengaturan Android. Sekaligus memberi cara smartphone Android mengetahui bahasa UI aplikasi saat ini.

5. Lindungi Pengguna Disabilitas 

Android 14 memperkenalkan atribut aksesibilitas data sensitif untuk memungkinkan aplikasi membatasi visibilitas tampilan tertentu hanya ke layanan aksesibilitas. Cara ini diklaim dapat membantu pengguna penyandang disabilitas.

Atribut yang dimaksud salah satunya Play Protect, yang mampu memastikan aplikasi yang diunduh dari Play Store benar-benar ramah kaum disabilitas. Selain itu atribut aksesibilitas data sensitif juga bertujuan untuk melindungi data pengguna seperti detail pribadi atau kata sandi teks biasa.

BACA JUGA:

Bisa juga untuk mencegah tindakan penting yang dilakukan secara tidak sengaja seperti mentransfer uang atau check out di aplikasi belanja online. Demikian informasi mengenai 5 fitur menarik di Android 14 Beta 1. Bagi kamu yang tertarik untuk silakan unduh Android 14 Beta 1, di tautan berikut ini. [NM/HBS]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI