5 Fitur Aksesibilitas Terbaru di Android, Makin Ramah Disabilitas!

Telset.id – Google merayakan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global (GAAD) dengan meluncurkan sejumlah fitur aksesibilitas baru untuk produk dan layanannya di perangkat Android. Fitur ini dimaksudkan agar produk Google Android lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas atau difabel.

Hari Kesadaran Aksesibilitas Global dirayakan setiap tanggal 18 Mei, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kemudahan akses digital bagi penyandang disabilitas.

Tidak mengherankan kalau Google di tanggal 18 Mei 2023 kemarin, menghadirkan berbagai fitur baru yang ramah disabilitas untuk Android. Setidaknya ada 5 fitur aksesibilitas terbaru yang diluncurkan untuk pengguna berkebutuhan khusus.

BACA JUGA:

5 Fitur Aksesibilitas Terbaru di Android 

Fitur Aksesibilitas Google Android Ramah Disabilitas

Dikutip Telset dari Phone Arena pada Senin (22/05/2023), Setidaknya ada 5 fitur aksesibilitas terbaru yang diluncurkan untuk pengguna Google Android yang difabel.

1. Fitur Live Captions di Tablet Android

Google menambahkan fitur Live Captions atau Teks Otomatis ke smartphone dan tablet. Fitur ini memberikan teks secara real time untuk konten audio seperti video, podcast, dan panggilan telepon.

Spesial Hari Aksesibilitas Global, alhasil Google membawa fitur tersebut di tablet, perangkat Google Pixel terbaru dan beberapa smartphone seri Samsung Galaxy. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat penyandang tuna rungu.

2. Google Lookout untuk Identifikasi Gambar

Demi membantu komunitas tuna netra dan rabun, Google juga melakukan peningkatan pada Lookout, sebuah aplikasi yang menggunakan kamera perangkat Anda untuk melihat suatu objek dan kemudian AI untuk menganalisis dan menjelaskan objek tersebut.

Teknologi ini akan bekerja untuk mendeskripsikan gambar digital, sehingga penyandang tuna netra bisa mengetahui gambar dengan baik. Selain mampu mengidentifikasi gambar, Lookout juga memiliki Image Q&A Mode.

Sesuai namanya mode ini mampu menjawab pertanyaan tentang gambar yang diajukan pengguna. Fitur tanya jawab gambar ini baru tersedia dalam versi beta tertutup, tetapi Google menjanjikan untuk membawa fitur ini ke semua pengguna dalam waktu dekat.

3. Google Maps Tawarkan Lokasi yang Ramah Difabel 

Google Maps juga diperbarui untuk memudahkan penyandang disabilitas mengidentifikasi lokasi yang dapat diakses oleh teman-teman difabel.

Maps kini menampilkan tujuan yang ramah difabel secara default, seperti kawasan bisnis yang nyaman untuk pengguna kursi roda, menawarkan parkir yang lebih dimudah diakses mereka dan fitur lain yang penting bagi penyandang disabilitas.

4. Fitur Text-to-speech yang Lebih Baik di Wear OS

Salah satu fitur untuk kaum difabel terbaru yang akan hadir di Wear OS akhir tahun ini adalah pengalaman text-to-speech yang diklaim Google akan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Pembaruan fitur ini sudah diumumkan di ajang Google I/O 2023 pada awal Mei 2023 lalu.

5. Fitur untuk Cegah Salah Ketik URL dengan Chrome

Google Chrome dapat mendeteksi saat Anda mengetikkan URL yang salah dan akan memberikan saran tentang URL yang benar. Fitur ini awalnya hanya ada di versi dekstop tetapi, bakal debut di smartphone Android beberapa bulan ke depan.

Fitur ini menguntungkan mereka yang menderita disleksia yang tidak mampu menulis dengan baik, atau mereka yang suka salah ketik atau typo.

Selain itu, fitur TalkBack di Chrome di Android baru-baru ini mendapatkan fungsi baru yang memungkinkan pengguna mengelola dan mengatur tab browser mereka dengan mudah melalui Tab Grid, Bulk Actions, fitur Reordering.

BACA JUGA:

Semua fitur aksesibilitas ini menunjukkan komitmen Google untuk membuat dunia digital lebih mudah diakses oleh siapa saja, khususnya teman-teman yang memiliki kekurangan. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI