Batasi Pengeditan, Elon Musk Tuding Wikipedia Tidak Objektif Lagi

Telset.id, Jakarta – Elon Musk mengecam Wikipedia. Ia menyebut, Wikipedia kehilangan objektifitasnya gara-gara memblokir pengguna untuk mengedit halaman “resesi”. Musk menuding hal itu ada campur tangan pemerintahan Joe Biden.

Kemarahan CEO Tesla dan orang terkaya di dunia itu ditumpahkan kepada salah satu pendiri Wikipedia Jimmy Wales dalam sebuah tweet pada hari Jumat lalu.

“Wikipedia kehilangan objektivitasnya,” tweet Musk

Wikipedia diketahui telah memblokir pengguna untuk merevisi halaman “resesi” setelah pengunjung situs terlibat dalam perang pengeditan atas definisi istilah resesi yang sedang diperdebatkan.

Perdebatan di antara pengguna itu menyusul data ekonomi terbaru yang dikeluarjan pemerintah Biden yang menunjukkan penurunan produk domestik bruto. Warga pun kemudian mengoprek halaman Wikipedia.

BACA JUGA:

Dilansir New York Post, seorang pengguna Wikipedia bernama “Soibangla” mengedit halaman “resesi” untuk menghapus referensi ke definisi standar istilah tersebut.

Soibangla menambahkan baris kalimat di Wikipedia yang berbunyi, “Tidak ada konsensus global tentang definisi resesi”.

Buntut dari “perang pengeditan” itu, pada Jumat (29/7/2022) pagi, halaman itu menyertakan ikon kunci di sudut kanan atas, menunjukkan mode “semi-perlindungan” untuk para pengguna yang tidak terdaftar.

Akun-akun yang tidak dikonfirmasi atau dikonfirmasi secara otomatis tidak akan bisa membuat perubahan di teks mengenai definisi “resesi” di halaman Wikipedia.

“Wikipedia mengubah definisi resesi untuk mendukung rezim Biden. Wikipedia kemudian mengunci halaman,” cuit tokoh media sosial yang condong ke kanan, Mike Cernovich.

Perubahan terjadi setelah puluhan orang berbondong-bondong ke halaman untuk mengedit entri. Mereka tergelitik oleh laporan yang menunjukkan penurunan PDB.

Sudah dua kuartal berturut-turut ekonomi nasional Amerika Serikat mengalamai kontraksi. Kondisi tersebut cukup memenuhi definisi tradisional mengenai resesi.

Tetapi, pemerintahan Biden bersikeras bahwa ekonomi tidak dalam resesi. Ia secara tegas menolak untuk menggunakan kata resesi dalam keterangan pers kepada para wartawan.

“Kita berada dalam periode transisi. Pertumbuhan melambat. Kita harus tumbuh dengan kecepatan stabil dan berkelanjutan,” kata Menteri Keuangan AS, Janet Yellen.

BACA JUGA:

Bos Federal Reserve, Jerome Powell, sempat mengeluarkan pernyataan terbaru tentang resesi AS. Ia menyatakan tidak percaya kalau ekonomi AS berada dalam kondisi resesi.

Perlu diketahui, resesi ekonomi diartikan sebagai penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dalam waktu stagnan dan lama, mulai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Secara umum, resesi terjadi ketika ekonomi tumbuh negatif dalam dua kuartal beruntun. AS sudah mengalaminya meski mengelak kalau ekonomi AS berada dalam resesi. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0