Bukalapak IPO, Begini Syarat dan Cara Beli Sahamnya

Telset.id, Jakarta – Bukalapak menjadi startup unicorn Indonesia pertama yang melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI). Menggunakan kode BUKA, harga saham e-commerce tersebut itu mulai dari Rp 750 per lembarnya.

E-commerce yang go public dengan mengusung nama PT Bukalapak.com Tbk itu melepas 25% saham ke publik dalam IPO kali ini.

“Struktur penawaran saham sebanyak 25% saham dan harga penawaran saham adalah Rp 750 sampai dengan Rp 850 per lembar saham,” kata Direktur PT Buana Capital Sekuritas, Ratna Karim, melalui konferensi pers pada Jumat (9/7/2021).

{Baca juga: Bukalapak Jadi Unicorn Pertama yang Melantai di Bursa Saham}

Dalam penawaran saham perdana ini, Bukalapak diharapkan bisa meraup dana hingga Rp 21,9 triliun. Nantinya 66% dana dari IPO akan digunakan perusahaan sebagai modal kerja.

Sementara sisanya bakal dialokasikan untuk anak perusahaan Bukalapak, antara lain 15% untuk PT Buka Mitra Indonesia, 15% untuk PT Buka Usaha Indonesia, 1% untuk PT Buka Investasi Bersama, 1% untuk PT Buka Pengadaan Indonesia, 1% untuk Bukalapak Pte. Ltd, dan 1% untuk PT Five Jack.

“Dari dana IPO sekitar 66% akan digunakan sebagai modal kerja dan 34% sisanya akan dialokasikan sebagai modal kerja di entitas anak perusahaan,” tambah Ratna.

Penawaran awal dari saham Bukalapak akan dilakukan pada 9 Juli sampai 19 Juli 2021. Selanjutnya, tanggal efektif pelaksanaan IPO ditetapkan di tanggal 26 Juli 2021.

Lalu masa penawaran umum perdana saham akan dilakukan pada 28 Juli hingga 30 Juli 2021. Sementara pencatatan perdana akan dilakukan pada tanggal 6 agustus mendatang.

Syarat dan Cara Beli Saham Bukalapak 

Cara Beli Saham Bukalapak
Bukalapak

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membeli saham Bukalapak? Nah, berikut ini syarat dan cara beli saham Bukalapak:

{Baca juga: Bukalapak akan Adopsi Layanan Cloud Microsoft Azure}

  • Sebelum beli saham IPO Bukalapak, Anda selaku calon investor wajib memiliki Single Identity Number (SID), lalu Sub Rekening Efek (SRE), dan Rekening Dana Nasabah (RDN) atau rekening efek.
  • Bagi Anda yang belum memilikinya, silakan daftar ke perusahaan efek terdekat. Nantinya perusahaan efek akan membantu Anda untuk membuka rekening efek dan membantu Anda untuk membeli saham bukalapak.
  • Jika sudah memenuhi semua syarat, buka situs resmi Bukalapak untuk mengetahui mengenai info penawaran umum perdana saham PT Bukalapak.com Tbk.
  • Di laman terkait cara beli IPO Bukalapak tersebut, Anda akan memperoleh informasi mengenai harga saham, Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS), prospektus awal, prospektus ringkas dan laporan keuangan.
  • Anda diminta untuk mengunduh FPPS dan isi data tersebut dengan lengkap. Berikutnya kirimkan FPPS yang telah Anda tandatangani ke perusahaan efek tempat Anda mendaftar rekening melalui email.
  • Perlu diketahui, jadwal masa penawaran umum pembelian saham perdana akan dilayani mulai dari 28 Juli 2021 dengan batas pelayanan sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan di hari terakhir hanya dilayani sampai pukul 10.00 WIB.
  • Apabila dana belum berstatus good fund, pembelian belum bisa diproses. Pesanan yang disampaikan melalui tata cara membeli IPO Bukalapak ini adalah pemesanan dengan Penjatahan Terpusat atau dikenal dengan istilah Pooling.
  • Artinya bila terjadi kelebihan pemesanan atau over subscribed maka akan dijatahkan dan sisa pembayaran akan dikembalikan.
  • Perusahaan efek pun akan mengirimkan data pemesanan saham ke Biro Administrasi Efek yang ditunjuk yaitu PT Datindo Entrycom pada periode penawaran umum.

Demikian informasi mengenai syarat dan cara membeli saham Bukalapak. Apakah Anda tertarik untuk membeli saham unicorn yang satu ini? (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0