Bos Shopee Ungkap Alasan Lakukan PHK Karyawan

Telset.id, Jakarta – CEO Shopee Chris Feng buka suara terkait isu Shopee melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), terhadap karyawan. Dirinya mengonfirmasi kalau kebijakan PHK karyawan memang akan dilakukan.

Dalam memo yang dikirim beberapa hari lalu, Chris Feng menjelaskan kalau perusahaan memang akan memberhentikan beberapa pekerja untuk tim ShopeeFood dan ShopeePay di kawasan Asia Tenggara.

Memo itu tidak merinci negara-negara Asia Tenggara mana yang akan terkena dampak PHK. Pasalnya di Asia Tenggara, perusahaan unicorn itu memiliki layanan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina.

Shopee juga akan melakukan PHK terhadap karyawan di Meksiko, Argentina, Chili serta Spanyol. Khusus di Spanyol, perusahaan turut mengakhiri uji coba tahap awal di negara tersebut. PHK dilakukan sebagai bentuk penyesuaian agar Shopee dapat fokus ke pasar tertentu.

BACA JUGA:

“Kami membuat beberapa penyesuaian untuk mengoptimalkan operasi kami di segmen dan pasar tertentu,” tulis Chris Feng seperti dikutip Telset dari The Strait Times pada Rabu (15/6/2022).

Alasan lain Shopee melakukan PHK karyawan, karena kondisi ekonomi global yang tidak stabil sehingga perusahaan perlu melakukan beberapa penyesuaian supaya bisa tetap bertahan.

“Mengingat ketidakpastian yang meningkat dalam ekonomi yang lebih luas, kami percaya bahwa adalah bijaksana untuk membuat penyesuaian yang sulit tetapi penting untuk meningkatkan efisiensi operasional kami dan memfokuskan sumber daya kami,” tambahnya.

Lebih lanjut, informasi terkait efisiensi pegawai ini telah diumumkan dalam acara internal perusahaan pada Senin (13/6/2022), kemarin. Meski tidak diketahui jumlah karyawan yang akan diberhentikan, dikatakan karyawan yang berhenti akan diberitahui melalui email.

“Perusahaan akan melakukan yang terbaik yang kami bisa untuk mendukung pekerja yang terkena dampak, karena langkah itu akan berdampak besar pada mereka dan keluarga mereka,” ungkap Feng.

Terakhir, Feng memastikan kalau PHK tidak mempengaruhi layanan ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara. Begitu juga layanan Shopee di Meskiko, Argentina dan Chili. .

“Kami berkomitmen untuk memberikan tingkat dukungan yang sama kepada pengguna, mitra, dan pedagang kami di semua pasar ini,” tutup Feng.

BACA JUGA:

Sejak kemarin Shopee memang sudah diterjang isu akan melakukan PHK karyawan. Namun, perusahaan saat itu sempat bungkam sampai pada akhirnya Bos Shopee, Chris Feng mengonfirmasi dan menjelaskan alasan kebijakan PHK karyawan dilakukan. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0