Telset.id, Jakarta – Blibli kembali melanjutkan komitmennya untuk menyokong produk dalam negeri dan industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi. Sejalan dengan program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021, e-commerce ini akan memperluas kurasi produk lokal dengan menjangkau lebih banyak daerah.
Sebagai langkah awal, Blibli meluncurkan sebuah laman khusus bertajuk #BeliKreatifDanauToba, yang ditujukan untuk mendukung UMKM lokal, khususnya Sumatera Utara.
Diungkapkan Andreas A Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli, sepanjang tahun lalu Blibli menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu para pelaku UMKM agar terus bergerak dan bangkit melalui platform digital, sebagai bentuk dukungan nyata perusahaan terhadap program Gernas BBI.
{Baca juga: Aktor Drakor Park Seo Jun Jadi Brand Ambassador International Blibli}
“Hadirnya kurasi produk di #BeliKreatifDanauToba ini merupakan usaha kami untuk terus mengangkat kekayaan Indonesia dan UMKM lokal agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas,” katanya.
Blibli Luncurkan #BeliKreatifDanauToba
Laman khusus #BeliKreatifDanauToba sendiri merupakan bentuk dukungan Blibli terhadap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang memperkenalkan kampanye bertajuk sama pada 20 Februari 2021, sebagai turunan dari program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).
Laman khusus ini nantinya akan menampilkan lebih dari 700 ragam produk asal Sumatera Utara, mulai dari kriya, kuliner seperti kopi, makanan khas daerah, hingga pakaian dan aksesoris. Pelanggan dapat mengakses laman khusus #BeliKreatifDanauToba pada tautan sebagai berikut: Blibli.com/BanggaBuatanIndonesia
Sektor UMKM berperan besar dalam mendorong pemulihan perekonomian nasional di masa pandemi. E-commerce membuka peluang bagi UMKM dalam hal mengakselerasi transformasi digital mereka. Dengan mengadopsi platform teknologi, termasuk e-commerce, UMKM dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah dan lebih luas, sehingga bisnisnya pun bisa berkembang walau di tengah pandemi.
Andreas menambahkan, Blibli pada kesempatan Gernas BBI #BeliKreatifDanauToba juga merangkul para seller yang menjual produk khas Sumatera Utara meskipun tidak berdomisili di wilayah tersebut.
“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM lokal dengan mengembangkan seller di banyak daerah untuk memperluas pasar. Harapannya Blibli bisa membantu pemerintah dalam mencapai target 30 juta unit UMKM untuk masuk ke platform digital hingga tahun 2023,” lanjut Andreas.
{Baca juga: Blibli Gandeng Jangkau, Platform Besutan Ahok untuk Salurkan Donasi}
Untuk diketahui, Blibli saat ini memiliki ekosistem dan fasilitas berupa warehouse di 20 kota besar termasuk di Jabodetabek dan Medan. Sementara sekitar 75.000 pelaku UMKM diketahui telah bergabung di Blibli dan menjadi seller di kategori Galeri Indonesia.
Melalui program #KarenaLokalNo1 yang diluncurkan tahun lalu, Blibli menghadirkan berbagai kegiatan untuk pengembangan dan pemberdayaan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Ini menjadi upaya Blibli untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan yang sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First.
Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.