Amazon Merek Paling Berharga, Nilai Tesla dan TikTok Meroket

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Amazon masih mempertahankan posisinya sebagai merek global paling berharga di tahun 2021, mengungguli dua pesaingnya, Apple dan Google. Nilai merek Amazon mencapai USD 684 miliar atau Rp 9.880 triliun.

Dilansir Telset dari GSM Arena pada Kamis (24/6/2021), Kantar merilis laporan BrandZ yang berisi 100 merek global paling berharga di tahun 2021. Hasilnya Amazon berada diurutan sehingga menjadi merek paling berharga.

Tidak hanya menduduki peringkat pertama, nilai merek Amazon juga mengalami kenaikan  64% atau USD 268 miliar.

Di bawah Amazon terdapat beberapa merek lain seperti Apple dan Google. Apple menduduki peringkat kedua dengan nilai mencapai USD 612 miliar atau Rp 8.841 triliun, dengan presentasi peningkatan sebesar 74% dibanding tahun lalu.

Peningkatan 42% juga dialami Google sehingga menduduki peringkat ketiga dengan USD 458 miliar atau Rp 6.616 triliun.

{Baca juga: Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Gusur Bos Amazon}

Di urutan keempat dan kelima ditempati oleh Microsoft dan Tencent. Kedua perusahaan ini memiliki nilai merek mencapai USD 410 miliar atau Rp 5.922 triliun serta USD 240 miliar atau Rp 3.470 triliun.

Nilai Merek Tesla dan TikTok Meningkat 

Di sisi lain ada juga merek yang mengalami peningkatan nilai merek yang tinggi. Misalnya saja Telsa dan TikTok. Kedua merek tersebut mampu mengalami peningkatan sekitar 275% dan 158%, sehingga membuat keduanya menduduki peringkat ke-47 dan ke-45.

{Baca juga: Fitur Jump di TikTok Bisa Integrasikan Aplikasi Lain ke Video}

Deretan 100 merek dengan valuasi tertinggi juga diisi oleh merek-merek ponsel. Misalnya saja di posisi ke-42 ada Samsung, kemudian Huawei berada di urutan ke-50 dan Xiaomi berada di urutan ke-70.

Amazon Merek Paling Berharga
Infografis 100 Merek Paling Berharga versi Kantar

Selain itu ada juga beberapa merek lain yang masuk daftar yakni Nvidia di urutan ke-12, Qualcomm di urutan ke-37, Zoom di urutan ke-52, AMD di rangking ke-57, Snapchat yang ada di urutan ke-82 dan Spotify di urutan ke-99.

{Baca juga: Amazon Music Akuisisi Wondery, Ganggu Podcast Spotify?}

Tidak hanya merek smartphone, layanan OTT juga masuk dalam daftar BrandZ bahkan mengalami peningkatan valuasi merek seperti Xbox yang naik 55%, Disney naik 13% serta Netflix yang naik 55% sehingga masuk dalam Top 100 Brand di laporan Kantar.

Terakhir jika ditotal secara keseluruhan total nilai 100 merek global tersebut mencapai USD 7071 miliar atau Rp 102.175 triliun, dengan presentase peningkatan sebesar 42%. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI