Akun Twitter FPI Diblokir, Dianggap Langgar Aturan

Akun FPI Diblokir Twitter
Akun Twitter DPP FPI kena suspend Twitter (Sumber gambar : Warta Ekonomi)

Telset.id, Jakarta – Akun resmi Front Pembela Islam atau FPI, yakni @DPPFPI_ID diblokir Twitter. Akun tersebut ditangguhkan karena dianggap telah melanggar peraturan Twitter.

Dari pantauan tim Telset pada Sabtu (21/11/2020), informasi akun Twitter resmi DPP FPI tidak bisa dilihat, begitu juga dengan rangkaian tweet yang telah diunggah sebelumnya. Warna akun tersebut berubah mejadi gelap dan ada tulisan kalau akun telah di-suspend.

“Akun ditangguhkan Twitter menangguhkan akun yang melanggar Peraturan Twitter,” tulis Twitter.

Akun FPI Diblokir Twitter
Akun Twitter DPP FPI kena suspend Twitter

Akun Twitter DPP FPI Diblokir

Belum diketahui secara spesifik mengapa akun resmi DPP FPI diblokir Twitter. Tetapi, secara umum Twitter memiliki peraturan tersendiri yang harus dipatuhi pengguna.

“Tujuan Twitter adalah untuk melayani percakapan publik. Kekerasan, pelecehan, dan jenis perilaku serupa lainnya membuat orang enggan untuk mengekspresikan diri, dan pada akhirnya mengurangi nilai percakapan publik global,” tulis Twitter.

“Aturan kami adalah memastikan semua orang dapat berpartisipasi dalam percakapan publik dengan bebas dan aman,” tambah medsos besutan Jack Dorsey ini.

{Baca juga: Jiplak IG Story dan Snapgram, Twitter Hadirkan Fitur Fleets}

Terdapat beberapa poin peraturan yang harus dipatuhi, seperti dilarang memposting atau menyebarkan konten kekerasan, terorisme, eksploitasi seksual anak, sampai penganiayaan atau pelecehan.

Pengguna juga dilarang untuk melakukan perilaku kebencian, bunuh diri, media sensitif, barang atau layanan ilegal, serta peraturan-peraturan lainnya.

Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Sebelumnya, FPI sempat menjadi sorotan ketika Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia.

Habib Rizieq adalah ulama dan juga pimpinan organisasi Front Pembela Islam (FPI). Habib Rizieq Shihab meninggalkan Indonesia pada tanggal 26 April 2017.

Kepergiannya menimbulkan pro dan kontra karena ketika pergi polisi sedang menyelidiki kasus dugaan chat mesum antara Habib Rizieq dengan perempuan bernama Firza Husen.

Setelah hampir lebih dari 3 tahun meninggalkan Indonesia, Habib Rizieq pun pulang ke Indonesia melalui pesawat Saudia SV816 dari Jeddah, Arab Saudi ke Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia pada tanggal 10 November 2020.

{Baca juga: Habib Rizieq Shihab Pulang Jadi Trending Topic Twitter}

Kepulangan Habib Rizieq dari Arab Saudi menjadi trending topic di Twitter. Banyak warganet yang menyambut kepulangan Habib Rizieq melalui tagar #WelcomeBackIBHRS.

Berdasarkan pantauan tim Telset dari Trends24 pada Selasa (10/11/2020) tagar #WelcomeBackIBHRS berada di urutan keempat dengan 96 ribu tweet dari warganet. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here