Resmi Pensiun, Adobe Sarankan Pengguna untuk Uninstall Flash Player

Telset.id, Jakarta  – Setelah secara resmi mengakhiri dukungan untuk Flash Player pada 31 Desember 2020 lalu, kini Adobe menyarankan kepada para penggunanya untuk segera uninstall software tersebut.

Menurut laporan Gizmochina, seperti dikutip Telset, Senin (4/1/2021), Adobe secara resmi mengakhiri dukungan untuk perangkat lunak dan akan memblokir konten di Flash Player pada 12 Januari 2020 nanti.

Perlu diingat bahwa kebanyakan orang tidak akan terpengaruh oleh penghentian pemutar Adobe Flash. Sebab, sebagian besar situs utama telah beralih ke platform lain. Bahkan, Apple tidak pernah mendukung Flash.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik Alternatif Adobe Photoshop 2020, Ada yang Gratis!}

Asal tahu saja, Steve Jobs, pendiri Apple, pernah membagikan “pemikiran tentang Flash” pada 2010. Ia mengkritik keandalan perangkat lunak Adobe, masalah ketidakcocokan, dan pengurasan baterai di perangkat seluler.

Ia bahkan menyebutnya sangat lambat untuk mengadopsi peningkatan di platform Apple. Sekadar informasi, satu alasan situs utama bergeser dari Adobe Flash karena mengelami berbagai kerentanan keamanan.

Banyak pengguna PC terkena malware dan berbagai risiko keamanan lain. Akibatnya, perusahaan seperti Microsoft terus bekerja untuk memperbaiki berbagai masalah keamanan. Maka, banyak yang beralih ke format lain.

Karena Adobe Flash tidak lagi didukung secara resmi dan telah mencapai akhir masa pakai, Adobe menyarankan kepada pengguna untuk mencopot pemasangan dan menghapus secara perangkat lunak dari perangkat.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Adobe mengonfirmasi bahwa tidak akan lagi memberikan dukungan untuk Flash Player mulai tanggal 31 Desember 2020.

{Baca juga: Sambut Tahun Baru, Adobe Resmi Matikan Flash Player}

“Secara khusus, kami akan berhenti memperbarui dan mendistribusikan Flash Player pada akhir tahun 2020 dan mendorong pembuat konten untuk memigrasikan konten Flash yang ada ke format baru ini,” jelas Adobe pada situs resminya.

Rencana untuk menghentikan dukungan pada Adobe Flash sebenarnya sudah didengungkan sejak tahun 2017 dan mereka menepati janjinya pada akhir tahun 2020 ini.

Adobe memiliki situs web yang didedikasikan untuk memberikan informasi tentang rencana akhir masa pakai Flash. Mereka menyarankan pengguna untuk segera mencopot pemasangan Flash dari komputer untuk melindungi sistem mereka.

Keputusan untuk mematkan Flash disebabkan perkembangan format seperti HTML5, WebGL dan WebAssembly yang telah menggantikan peran Flash dalam penyediaan konten pada website.

{Baca juga: Adobe Photoshop Elements dan Premiere Elements 2021 Diumumkan}

Flash Player sendiri terakhir kali dirilis pada tahun 2011 yang lalu. Saat itu mereka merilis Adobe Flash Player versi 11.1 untuk Android dan BlackBerry Playbook.

Apabila di komputer atau laptop Anda masih terpasang aplikasi Flash Player, Adobe menyarankan untuk segera menghapus aplikasi tersebut untuk keamanan sistem Anda. [SN/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -