Internet di Kota Sorong dan Kupang Tercepat di Indonesia

Internet tercepat di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Pembangunan jaringan internet ternyata di Indonesia timur sangat positif. Berdasarkan laporan riset terbaru dari OpenSignal bahwa Kota Sorong dan Kupang memiliki koneksi Internet tercepat di Indonesia.

Berdasarkan keterangan yang diterima Tim Telset.id pada Jumat (13/03/2020), OpenSignal melaporkan kualitas jaringan internet di seluruh provinsi di Indonesia.

Laporan tersebut dibagi menjadi 2 kategori yakni daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunduhan tertiggi dan daftar kota dengan pengalaman kecepatan pengunggahan tertinggi.

Hasilnya Kota Sorong di Papua Barat dan Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT) memimpin masing-masing kategori.

{Baca juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Smartphone Android}

Kecepatan internet saat melakukan pengunduhan dimenangkan oleh Kota Sorong. Kecepatan internet disana mencapai 19,2 mbps. Posisi kedua ditempati Kota Ambon, Maluku dengan kecepatan internet mencapai 17,9 mbps dan posisi ketiga adalah Kota Jayapura dengan kecepatan 17,3 Mbps.

Ketiga kota di Indonesia Timur tersebut berhasil mengalahkan kecepatan pengunduhan di Jakarta yang cuma 10,2 mbps saja.

Kecepatan Internet OpenSignal

Kemudian untuk daftar kota dengan kecepatan pengunggahan tertinggi dimenangkan oleh, Kota Kupang. Ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut berhasil menduduki peringkat pertama dengan kecepatan internet mencapai 8,3 Mbps.

Posisi kedua ditempati oleh Kota Palangka Raya yang memiliki kecepatan internet mencapai 7,77 mbps disusul dengan Balikpapan yakni 7 Mbps.

OpenSignal Kecepatan Penggungahan

Menurut analisa OpenSignal laporan ini membuktikan jika operator-operator seluler di Indonesia telah berhasil melakukan peningkatan secara substansial dari segi Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Pengalaman Kecepatan Unggahan di seluruh kota di Indonesia.

{Baca juga: Diuji Coba, Kecepatan Internet 5G Smartfren Capai 8,7 Gbps}

Hal ini karena kecepatan pengunduhan meningkat menjadi 19,2 Mbps dari tahun lalu yang hanya sekitar 12 Mbps saja. Fakta serupa juga terjadi terkait Kecepatan Pengunggahan di Indonesia.

Tahun lalu kecepatan unggahan hanya mencapai 5,9 Mbps namun saat ini kecepatan internet mencapai 8,3 Mbps. Penelitian ini dilakukan di 44 wilayah di Indonesia sepanjang 1 November 2019 hingga 30 Januari 2020. [NM/HBS]

Previous articleTelkomsel Siapkan Line CloudX di Posko Tanggap Covid-19
Next articleGreget! YouTuber Ini Masak Kari Pakai “Kompor” CPU AMD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here