Intel Rilis 3 Prosesor Gaming Generasi ke-9, Ada yang Terbaik

Telset.id, Jakarta – Intel merilis tiga prosesor gaming generasi ke-9, termasuk Intel® Core i5-9600K, i7-9700K, dan i9-9900K. Tiga prosesor ini memiliki 8 core dan jumlah thread hingga 16. Belum lagi tambahan frekuensi single-core turbo hingga 5,0 GHz, serta Intel Smart Cache sebesar 16 MB.

Menurut Vice President and General Manager, Desktop, Systems and Channel, Client Computing Group Intel Anand Srivatsa, prosesor desktop Intel Core Generasi ke-9 juga menghadirkan unlocked “K” SKU di setiap level brand.

Selain itu juga memiliki hingga 40 platform PCIe 3.0 lanes. Fitur ini berperan dalam peningkatan sistem demi keperluan gaming, pembuatan konten, maupun overclocking.

Baca juga: Qualcomm Sebut iPhone Terbaru Pakai Modem Intel

“Tujuan kami adalah memberikan kinerja terbaik di semua segmen komputasi dan lini produk,” ujar Anand dalam keterangan resminya yang diterima Telset.id, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut Anand menjelaskan peningkatan prosesor Intel Core dalam generasi ini antara lain:

  1. Mengaktifkan lebih dari 220 frame per detik (FPS) pada tigagame PC global paling populer.
  2. Menyematkan Intel® Turbo Boost Technology 2.0 yang memiliki frekuensi single-corehingga 5.0 GHz sehingga gamer dapat menikmati game favorit mereka hingga lebih dari 10 persen FPS dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau hingga lebih dari 37 persen FPS dibandingkan dengan PC berusia 3 tahun.
  3. Memberi fitur rekam permainan, lakukan transcode dan streamingsaat bermain. Dengan megatasking ini, para gamer dipastikan dapat menikmati hingga 11 persen FPS lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau hingga 41 persen FPS lebih banyak dibandingkan dengan PC berusia 3 tahun.
  4. Meningkatkan penyuntingan video ditingkatkan pada Adobe Premiere. Alhasil penyuntingan video dapat dilakukan hingga 34 persenlebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau  hingga 97 persen lebih cepat dibandingkan dengan PC berusia 3 tahun.
  5. Meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan hingga 15 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau hingga 40 persen dibandingkan dengan PCberusia 3 tahun.
  6. Melakukan overclock prosesor-prosesor baru ini dengan Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU), yakni alat overclockingmasa kini dan memanfaatkan tambahan headroom termal dengan solder thermal interface material (STIM).

Selain itu, kata Anand, Intel juga merilis motherboard chipset Intel® Z390. Chipset ini miliki USB 3.1 Gen 2 terintegrasi berkecepatan tinggi dan Intel® Wireless-AC terintegrasi untuk Wi-Fi berkecepatan Gigabit. Prosesor Intel Core Generasi ke-9 juga kompatibel dengan semua motherboard chipset Intel® 300 Series, sehingga akan memperluas pilihan konsumen.

Baca juga: Sampai 2020, Intel Masih Suplai Prosesor 5G ke Apple

Dari tiga prosesor tersebut, Intel® Core™ i9-9900K diklaim merupakan prosesor gaming terbaik di dunia saat ini. Prosesor dan motherboard ini sudah bisa di-pre-order mulai hari ini di Amerika Serikat (AS). Sayang belum jelas kapan super prosesor ini bakal masuk pasar Indonesia. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here