Intel Pamer Prototype Mobile Laptop 14nm

Intel mobile laptop 14nm

Taiwan – Produsen prosesor, Intel memiliki desain tablet dari berbagai pabrikan yang telah dan akan muncul di pasaran sepanjang tahun 2014. Beberapa diantaranyadiluncurkan di ajang Computex 2014 yang saat ini tengah berlangsung di Taiwan.

Presiden Intel Corporation, Renee James mengatakan bahwa Intel menghadirkan berbagai pilihan SoC untuk tablet dan juga smartphone dalam berbagai bentuk, jangkauan harga, serta sistem operasi dari berbagai OEM (Original Equipment Manufacture) dan ODM (Original Design Manufacturer).

“Kami memiliki 130 desain tablet dari berbagai OEM dan ODM yang telah dan akan masuk di pasaran sepanjang tahun 2014 ini. Beberapa diantaranya akan diluncurkan diComputex 2014,” kata Renee James saat memperkenalkan beberap perangkat Intel.

James menjelaskan, bahwa berbagai tablet tersebut ditenagai oleh prosesor Intel Atom, baik itu “Bay Trail” atau “Clovertrail+”, dan beberapa diantaranya dilengkapi dengan platform komunikasi 3G atau LTE milik Intel.

Tak hanya bermain di piranti tablet dan smartphone, James juga menunjukkan mobile PC 14nm tanpa kipas pendingin yang juga merupakan prototype pertama di dunia. Piranti 2-in-1 itu memiliki layar sebesar 12.5 inchi dengan ketebalan 7.2 mm dan berbobot 670 gram. Piranti itu hadir dengan keyboard yang dapat dilepaskan dari layarnya.

Sebuah media dock turut melengkapi piranti tersebut untuk memberikan pendinginan tambahan. Prototype tersebut menggunakan prosesor generasi terbaru Intel Broadwell dengan jarak antar transistor hanya 14nm.

Prosesor Intel Broadwell SoC 14nm.

Prosesor tersebut didesain khusus untuk perangkat 2-in-1 dan dapat segera ditemui di pasaran. Menyandang nama Intel Core M, prosesor ini diklaim akan menjadi prosesor Intel yang paling hemat energi sepanjang masa.

“Berbagai desain piranti yang menggunakan prosesor ini akan hadir tanpa kipas pendingin dan menggabungkan kekuatan dari tablet dan laptop,” jelas James.

Intel juga coba menjawab kebutuhan para pengguna PC pada segmen tertentu dengan memperkenalkan prosesor Intel generasi ke-4, yaitu Intel Core i7 dan i5 prosesor dengan SKU “K”. Prosesor ini merupakan pertama dari Intel yang memiliki empat inti prosesor dengan frekuensi sampai 4GHz.

Prosesor untuk desktop ini disebutkan dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan overclocking. Produk ini akan segera hadir di pasaran pada awal Juni tahun ini. [HBS]

Tablet dengan prosesor Intel
Tablet yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0