Ini Ponsel Pertama di Dunia dengan Huruf Braille untuk Tunanetra

OwnFone, ponsel dengan huruf Braille

Jakarta – Kemajuan teknologi ponsel yang begitu pesat tentu saja sangat dinikmati para pengguna normal. Namun bagaimana dengan para pengguna dari golongan penyandang cacat atau disable? OwnFone mungkin bisa menjadi solusinya.

BBC melaporkan, Selasa (20/5/2014), OwnFone, produsen ponsel kustom yang berasal dari London, telah membuat ponsel dengan huruf Braille yang ditujukan untuk para penyandang cacat tunanetra.

Ponsel ini diklaim sebagai ponsel pertama di dunia yang menggunakan huruf Braille. Ponsel Braille ini dipercaya akan sangat membantu para tunanetra bisa terhubung dengan teman dan keluarganya via ponsel.

Pembuatan panel depan dan belakang ponsel Braille ini dilakukan menggunakan printer 3 dimensi. Meski begitu, desainnya juga bisa dikustomisasi, sehingga bisa juga dipakai oleh pengguna normal, dengan adanya teks yang timbul di keypad.

Sebelumnya OwnFone memang cukup dikenal di Inggris sebagai produsan yang membuat ponsel dengan konsep sederhana (simple) yang ditujukan untuk anak-anak maupun para lansia.

Ponsel simple ini didesain dengan mengurangi kerumitan yang banyak terdapat di perangkat ponsel saat ini, sehingga dapat dioperasikan dengan mudah oleh mereka yang membutuhkan, terutama anak-anak dan lansia.

Sayangnya untuk saat ini OwnFone baru memasok ponsel Braille di wilayah Inggris saja. Belum diketahui apakah nantinya ponsel yang dibanderol seharga GBP 60 atau sekiitar Rp 1,1 juta itu juga akan dijual di luar Inggris.

Semoga saja nantinya ponsel Braille buatan OwnFone ini juga bisa masuk ke pasar Indonesia, agar para penyandang cacat netra di Tanah Air juga bisa memanfaatkan ponsel tersebut. Semoga..[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI