telset

Ini Penjelasan Google soal Bug “1975..com”

Telset.id, Jakarta – Google akhirnya memberi penjelasan soal bug ‘1975..com’ di aplikasi pencarian ponsel Android dan iOS. Google mengatakan bahwa bug tersebut muncul lantaran ada kesalahan saat menerjemahkan perintah pengguna sehingga mengarahkannnya ke fitur lain.

“Kami mengetahui ada bug yang salah saat menafsirkan frase tertentu sebagai permintaan untuk menampilkan pesan teks terbaru. Kami menjanjikan perbaikan dalam waktu dekat,” ungkap perwakilan Google seperti dilansir CNET.

Google mengatakan bahwa aplikasi pencarian miliknya memang bisa mengakses pesan teks dalam ponsel pengguna. Namun, dengan catatan, hal itu bisa dilakukan jika sebelumnya pengguna telah memberi izin bagi Google Search untuk mengaksesnya.

“Untuk menghentikan aplikasi pencarian mengakses pesan teks alias SMS, pengguna bisa mengubahnya melalui pengaturan aplikasi Google Search. Kami sudah mengaturnya dan sebagian besar pengguna yang telah mencobanya berhasil,” kata Google.

Beberapa waktu lalu, pengguna ponsel Android menemukan bug di aplikasi Google Search yang cukup aneh dan membingungkan.

Pasalnya, bug  tersebut malah menampilkan pesan SMS pengguna. Masalah itu pertama kali diketahui seorang pengguna Reddit.

Saat itu, pengguna sebenarnya ingin mengetik “the1975.com”, namun tidak sengaja ia menambahkan satu titik menjadi “the1975..com”. Ia pun terkejut saat melihat hasil pencarian itu, karena malah muncul daftar teks pesan SMS di perangkatnya.

Baca juga: Ketik the1975..com di Google, Lihat Apa yang Muncul

Menurut laporan, 9to5Google telah mencoba memasukkan variasi dari kata tersebut, seperti “the1976..com”, “the1975..com”, dan “the1974..com”. Hasilnya, tak ada tampilan seperti yang didapatkan oleh sang pengguna Reddit.

Pengguna Reddit itu mengaku menggunakan pencarian Google via perangkat Pixel. Namun, pengguna lain yang mencoba hal serupa lewat perangkat OnePlus, Samsung, serta Huawei juga mendapati teks pesan yang isinya adalah percakapan SMS.

“Temuan itu merupakan kesalahan paling aneh yang pernah saya temui. Apakah kombinasi tersebut hanya kebetulan atau orang lain juga mengalami? Saya benar-benar bingung mengetahui hal itu,” jelas sang pengguna Reddit dilansir Slashgear. [BA/HBS]

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0