Cara Efektif Cegah Ransomware

Cegah Ransomware

Telset.id, Jakarta – Ada ungkapan yang biasa kita lihat atau dengar yakni “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Ungkapan itu pun bukan hanya berlaku pada penyakit yang diderita oleh manusia saja, tapi juga berlaku untuk soal penanganan ransomware yang saat ini memang sedang marak diperbincangkan.

Ya, akhir pekan lalu memang publik dikejutkan dengan lumpuhnya sistem utama di dua rumah sakit besar di Indonesia. Hal itu disebabkan karena sistem tersebut terinfeksi ransomware bernama WannaCry yang mengharuskan korbannya untuk membayar $300 atau Rp 3,9 jutaan agar sistemnya berjalan normal kembali.

Sesuai ungkapan tadi, lantas bagaimana caranya untuk mencegah kehadiran WannaCry dan ransomware berbahaya lainnya untuk tidak menginfeksi sistem pada PC atau laptop kita?

Saat disinggung pertanyaan tersebut, menurut Charles Lim, Chapter Lead Indonesia Honeynet Project, langkah awal yang efektif untuk mencegah adanya ransomware adalah dengan menggunakan software atau sistem operasi yang original.

“Jika software yang digunakan original, maka otomatis patching yang didapatkan selalu up to date,” katanya saat menjadi pembicara di CBN Cyber Security Seminar 2017, Selasa (16/05/2017).

Menurutnya, Microsoft akan secara berkala memberikan patching untuk sistem operasinya yang biasanya dilakukan setiap bulan atau tepatnya pada minggu kedua di tiap bulannya.

“Tidak tahu kenapa, Microsoft selalu merilis patching di minggu kedua setiap bulannya,” klaimnya.

Langkah selanjutnya adalah selalu berhati-hati ketika menerima email yang berisi file yang harus di-download atau link yang harus diakses. Jika dirasa mencurigakan, lebih baik hapus email tersebut.

“Jika tidak yakin, lebih baik hubungi instansi atau perusahaan yang mengirim email tersebut untuk memastikannya,” ucap Charles.

Lanjut menurutnya, selain memperhatikan email, pengguna nternet juga harus berhati-hati dan selalu waspada pada situs yang mereka akses. Ia menyarankan untuk selalu mengakses situs yang legal atau terpercaya.

Well, lebih baik ikuti saran pencegahan ini ya! (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here