Ini Dia 9 Kemampuan Baru iOS 7

Apple iOS 7
Apple iOS 7

Jakarta – Apple baru saja memperkenalkan iOS 7 dalam ajang WWDC 2013 di San Francisco. Banyak hal baru yang bisa ditemukan di dalam sistem operasi teranyar ini. Kabarnya, iOS 7 sudah bisa digunakan pada perangkat Apple pada musim gugur nanti atau sekitar bulan Juli hingga September.

Apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asal Cupertino ini lewat iOS 7-nya? Berikut ini 9 kemampuan baru yang dibawa iOS 7 seperti yang telsetNews rangkumkan dari TechCrunch, Selasa (11/6):

1. Desain Flat yang Minimalis

Prediksi bahwa desain Apple akan banyak berubah, saat Apple menunjuk desainer Jonathan Ive untuk memimipin divisi iOS, menjadi kenyataan. Kreativitas Ive berani mengambil risiko dengan menyetop desain skeuomorphic pada iOS sebelumnya.

Skeuomorphic merupakan elemen visual berupa tekstur di dunia nyata yang dihadirkan atau direplikasi di alam digital. Tekstur itu seperti kulit, kayu, dan kertas. Desain ini terlihat pada aplikasi bawaan Apple, misalnya “Ebook Reader” atau “Newsstand”, meja hijau di Game Center, atau garis-garis di Notes.

Kali ini Ive menghadirkan desain yang lebih flat dan minimalis, tapi kaya efek. Misalnya saja efek transparan di layar dan pergerakan ikon saat Anda menggerakkan perangkat iOS. Gambar background pun akan terlihat, sehingga tak lagi terlihat bersembunyi di balik ikon-ikon.

2. Tombol ‘Back’

Kali ini iOS dilengkapi dengan tombol serupa tombol “back” yang kita kenal di Android. Tapi ini bukan merupakan tombol sungguhan, melainkan sebuah gestur. Anda bisa swipe dari arah kiri (dari bezel ke tengah layar) untuk hadirkan fitur ini. Fitur ini akan muncul di sejumlah aplikasi yang membutuhkan tombol “back”. Misalnya sajabrowser “Safari” dan “Mail”.

3. Pembaruan Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan Apple pun akan hadir dalam wajah baru. Misalnya saja aplikasi “Weather” yang kali ini hadir dengan animasi serupa “widget live weather” di Android.

Kalender juga akan lebih bersih dalam warna putih. Perubahan hari bisa dilakukan dengan swipe, dan jika perangkat dihadirkan dalam bentuk landscape, maka akan terlihat jadwal mingguan.

Mail juga mengalami perubahan. Melihat isi email di inbox bisa dilakukan hanya dengan swipe layar. Sedangkan untuk Safari, perubahan besar dilakukan seperti menghadirkan kesan 3D saat mengubah tab, memperbaikibookmark, hingga terintegrasi dengan Twitter.

Untuk kamera, Apple memperbarui dengan menghadirkan filter-filter layaknya aplikasi “Instagram”. Ada juga kemampuan mengubah berbagai mode kamera, dari “panoramic” hingga fitur baru yang disebut “square”.

4. Share Foto dan iCloud

Tak hanya kamera, aplikasi Photo pun mendapat sentuhan baru. Di Camera Roll, Anda kini bisa mengatur foto menjadi “Moments”, yaitu pengaturan berdasarkan lokasi dan waktu. Dengan demikian, label lokasi pun bisa disematkan di sejumlah foto yang telah Anda ambil. Tentu ini memudahkan Anda untuk membedakan lokasi saat Anda berpergian ke banyak tempat.

Hadir juga fitur “Air Drop” untuk berbagi foto dengan sesama pengguna iPhone. Caranya lebih mudah, yaitu berbagi dengan mengandalkan koneksi Wifi yang sama. Selain melihat, pengguna iPhone lain juga bisa share ke Facebook, Twitter, email, dan iCloud. Dengan kemudahan ini, Apple pun menyindir Android yang masih mengandalkan fitur NFC hanya untuk transfer foto dan penerima tak bisa share ke media sosial.

5. iTunes Radio

Sebelumnya, banyak yang menduga fitur ini akan bernama iRadio. Nyatanya Apple tetap memperkaya iTunes dengan menghadirkannya fitur Radio. Pengalaman penggunaan sama seperti layanan streaming musik Pandora. Anda bisa memainkan secara pre-loaded berdasarkan genre, atau membuat berdasarkan artis tersendiri.

Perbedaannya terletak pada hadirnya “wishlist” di favorit, dan membeli track yang ingin Anda dengarkan sesuai keinginan. Aplikasi ini gratis namun dipenuhi iklan. Tapi untuk pengguna subskripsi iTunes Match, iklan dihilangkan.

6. Siri Lebih Pintar

Asistensi berbasis suara Siri kini menguasai sejumlah bahasa baru, seperti Perancis dan Jerman, dan bahasa lain menyusul. Siri juga bisa memutar voicemail, mematikan/menyalakan Bluetooth, hingga mengatur kecerahan layar.

Selain itu aplikasi Siri juga akan terintegrasi dengan Twitter, Wikipedia, dan mesin pencari Bing. Jadi Siri dapat membacakan Anda hasil pencarian yang ada di Wikipedia, misalnya.

7. Fitur Anti-Maling

iPhone memang dikenal sebagai ponsel yang paling sering dicuri. Fitur seperti “Find My iPhone” sepertinya dianggap kurang, Apple pun memberikan keamanan baru.

Dengan “Activation Lock”, kini pencuri tak bisa menyalakan iPhone tanpa meretas nama dan password Anda di iCloud. Tentu ini bukan fitur yang tak bisa ditembus. Tapi setidaknya ini menambah keamanan sehingga maling akan berpikir lebih lama sebelum mencuri iPhone Anda.

8. Notification Center yang Lebih Baik

Kali ini notifikasi akan hadir lebih pintar dengan adanya kategori baru, seperti “All”, “Missed”, dan “Today”. Tentu ini akan membantu Anda dalam beraktivitas. Sejumlah aplikasi seperti kalender, cuaca dan jadwal besok juga dimunculkan di bagian bawah.

9. Multi Tasking

Kali ini Apple menyebut multi tasking akan mudah dilakukan tanpa boros baterai. Interface untuk multi taskingbisa dilakukan dengan double tap di tombol “home” seperti iOS sebelumnya. Tapi jika di iOS lama hanya muncul rak kecil di bagian bawah, kali ini akan hadir lebih besar.

Fitur ini juga mempelajari aplikasi yang sering dibuka dan memiliki update baru, misalnya saja Facebook dan Twitter, serta notifikasi apa yang sering Anda abaikan atau area mana dengan jangkauan sinyal lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0