Ini Dia, 10 Tragedi Akibat ponsel

2153725910_cf12910e03_z-2Jakarta – Ponsel sejatinya adalah alat komunikasi yang dibuat untuk mempermudah hidup pemiliknya. Tapi, sama seperti teknologi lainnya, ponsel juga punya dua wajah ganda yang bisa mendatangkan manfaat dan juga memicu bencana. Tergantung dari pemiliknya. Apakah menggunakan ponsel untuk kemaslahatan atau justru larut dalam aktifitas yang berpotensi menimbulkan bencana.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk menempatkan fungsi ponsel sesuai dengan porsi, waktu dan tempatnya. Jangan menggunakannya ditempat dan saat yang membahayakan. Jika tidak, akan terjadi tragedi akibat ponsel yang tidak hanya membahayakan si pengguna yang teledor, tapi juga orang disekitarnya.

Terkait dengan penyalah gunaan ponsel, berikut kami rangkumkan 10 tragedi yang disebabkan penggunaan ponsel pada porsi, waktu dan tempat yang salah. Check it out!

1. Kecelakaan Kereta Komuter Line di LA.

Kecelakaan kereta yang mengerikan ini terjadi pada September 2009 dan disebut-sebut sebagai kecelakaan kereta yang paling mematikan di Amerika dalam dua dekade terakhir. Usut punya usut, kecelakaan ini disebabkan oleh kelalaian seorang engineer Metrolink dalam menghentikan kereta lantaran terlalu asik “bermain” dengan ponselnya. Kesimpulan tersebut didapat setelah penyelidik menemukan lebih dari 40 pesan singkat dan 4 kali panggilan terekam di ponsel sang engineer selama masa jaga. Termasuk diantaranya satu pesan singkat yang dikirim sang engineer setengah menit sebelum kecelakaan. Meski diduga ada penyebab lain, seperti penggunaan obat terlarang, tapi penggunaan ponsel saat “berkendara” disebut-sebut sebagai alasan utama terjadinya kecelakaan yang menewaskan 25 orang dan menimbulkan kerugian materil lebih dari USD 10 juta ini.

2. Gara-gara Lupa Ponsel.

Tragedi yang satu ini memang terdengar konyol. Seoarang pria terlindas mobilnya sendiri karena sebuah ponsel. Yup, kejadiannya berlangsung pada tahun 2003 lalu di Austria. Seorang pria yang hendak pergi keluar rumah, tiba-tiba turun dari mobil dan masuk kembali ke dalam rumah karena lupa membawa ponsel. Naasnya, pria tersebut lupa menarik rem tangan mobil, sehingga mobilnya nyelongong pergi tanpa pengemudi di dalamnya. Melihat mobilnya nyelonong pergi, pria yang baru saja mengambil ponselnya ini bergegas menahan laju mobil. Tapi apa daya, bukannya berhenti, mobil tersebut malah melindas sang pemilik. Alhasil, beberapa tulang rusuknya patah terlindas, tapi untungnya pria tersebut bisa menelpon bantuan dengan ponsel yang baru saja diambilnya.

3. Menabrak Mobil yang Tengah Berhenti.

Pada tahun 2009 lalu, seorang wanita di Inggris menabrak mobil yang tengah berhenti lantaran ban kempes. Usust punya usut, wanita yang mengendarai mobilnya dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam ini ternyata sedang asik SMS-an. Terbukti dengan ditemukannya lebih dari 20 SMS di ponselnya, beberapa saat sebelum kejadian. Wanita tersebut pun tewas akibat kecelakaan ini.

4. Truk Tabrak 7 Mobil

Kejadian berlangsung pada tahun 2006 lalu di Amerika Serikat. Seorang pengendara truk menabrak mobil yang tengah berhenti hingga hangus terbakar. Kejadian bermula saat seorang pengendara truk kesulitan memasukkan nomor ke ponselnya saat sedang berkendara. Akibatnya, truk yang dikendarainya menabrak mobil yang tengah berhenti dan merusak 6 mobil lain yang ada di depannya. Naasnya, pengemudi wanita yang mobilnya ditabrak, tewas di tempat akibat terpanggang di dalam mobilnya yang hangus terbakar. Sang pengemudi truk pun menyebut dirinya sedang depresi dan menyangkal kelalaiannya disebabkan penggunaan ponsel.

5. Kematian Lima Cheerleaders.

Kejadian berlangsung di tahun 2007 silam di kota Newyork. Seorang pengemudi kendaraan besar (trailer) menabrak sebuah mobil kecil yang ditumpangi oleh lima orang cheerleaders. Akibatnya, semua penumpang yang ada di mobil kecil tersebut tewas. Pengemudi trailernya sendiri selamat dan mengaku perhatianya terganggu dikarenakan sebuah pesan SMS yang diterimanya.

6. Tabrak Lari.

Lantaran berusaha untuk menyambungkan kabel ke ponselnya, pemuda berusia 15 tahun yang berkendara bersama sahabatnya, menabrak dua remaja pejalan kaki. Alih-alih berhenti dan bertanggung jawab, dua remaja 15 tahun tersebut malah kabur dan meninggalkan korbannya dipinggir jalan. Salah satu korban tabrak lari tersebut tewas.

7. Dua Orang Anak Tewas.

Pada tahun 2009 lalu, dua kecelakaan yang berbeda menewaskan dua orang anak berusia 9 tahun. Penyebabnya sama, yaitu pengemudi menggunakan telponnya saat sedang berkendara. Kejadian pertama, seorang anak yang sedang naik sepeda ditabrak pengemudi yang lalai akibat penggunaan ponsel. Kejadian lainnya, pengendara mobil yang lalai menabrak mobil yang didalamnya terdapat 3 orang anak kecil. Satu diantaranya tewas.

8. Ibu dan Anak Melihat Suami dan Bayinya Tewas.

Kejadiannya berlangsung di Abu Dhabi pada tahun 2008 lalu. Seorang suami berkendara bersama anaknya yang berusia dua tahun. Sementara sang istri mengendarai mobil berbeda bersama dengan anaknya yang lain. Saat di perjalanan, sang suami meggunakan telpon dan perhatiannya terganggu saat ingin mengakhiri telponnya, sehingga berakhir dengan kecelakaan yang menewaskan suami dan bayi berusia 2 tahun.

9. Tewas Gara-Gara Menyelamatkan Ponsel.

Mungkin sulit untuk dipercaya, jika seseorang sampai harus mengorbankan nyawanya demi sebuah ponsel. Tapi itulah yang terjadi di China beberapa waktu lalu. Saat dua orang harus tewas dalam upaya penyelamatan ponsel yang tercebur ke dalam lubang pembuangan. Seorang wanita di kota Xinxiang, Henan, China, tengah menjawab panggilan alamnya dengan menggunakan toilet terbuka, ketika ponsel barunya yang berharga 2.000 yuan atau sekitar Rp 3,7 juta jatuh ke dalam toilet terbuka. Untuk menyelamatkan, sang suami sontak melompat ke dalam limbah, namun dia dikalahkan oleh asap dan kehilangan kesadarannya. Sang ibu mertua menyusul, tapi pingsan karena karena bau. Ada setidaknya lima korban dalam ‘tragedi’ ini, ketika akhirnya upaya penyelamatan berhasil dilakukan dengan sebuah tali. Suami dan ibu mertua tewas, sementara si pemilik ponsel dan dua tetangganya masih dalam perawatan intensif. Hmm… tragis  

10. Apartemen Terbakar Gara-Gara Ponsel Meledak.

Harian China Xianguo melaporkan, akibat terbakarnya smartphone Galaxy S4 mengakibatkan sebuah apartemen di Hong Kong ikut terbakar. Si pemilik Galaxy S4 malang tersebut diketahui bernama Du. Kejadian bermula saat tiba-tiba baterai Galaxy S4 miliknya meledak dan kontan membakar seluruh body S4. Karena kaget dan gugup, Du kemudian melemparkan ponselnya ke bawah sofa. Namun tidakan Du tersebut justru membuat situasi semakin runyam, karena api dari ponsel pintarnya itu justru merembet ke sofa yang mengakibatkan api membesar dan menghanguskan seluruh ruangan apartemen yang ditinggalinya. Untungnya dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, karena Du dan istrinya berhasil selamat keluar dari apartemennya, dan tim pemadam berhasil menjinakan api sebelum merembet ke ruangan lain di apartemen tersebut. (hz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0