Ini Alasan Apple Gelontorkan Rp 35 Triliun untuk Beats

Beats Music Dr.Dre

Jakarta – Meski sempat dikritik karena dianggap kemahalan, tapi Apple bergeming tetap membeli Beats Electronics senilai USD 3 miliar atau hampir mencapai Rp 35 triliun. Lantas, alasan apa yang membuat Apple rela menggelontorkan duit sebanyak itu untuk membeli produsen headphone tersebut?

Uang yang digelontorkan Apple untuk mengakuisisi Beats merupakan yang terbesar dalam sejarah Apple dalam pembelian sebuah perusahaan. Dalam kesepakatan pembelian itu, Apple akan membayar USD 2,6 miliar dalam bentuk tunai, dan USD 400 juta berupa saham.

Banyak yang terkejut dengan aksi Apple yang membeli Beats dengan nilai yang sangat fantastis. Padahal sejumlah analis berpendapat, bahwa produk headphone buatan Beats tidak bagus-bagus amat.

Namun raksasa Cupertino itu ternyata memiliki alasan sendiri mengapa mereka rela mengeluarkan uang yang sangat besar untuk membeli Beats, sekaligus memboyong dua pentolan Beats, Jimmy Iovine dan rapper Dr. Dre, ke jajaran petinggi Apple.

Dalam sebuah wawancara di acara Code Conference 2014 pekan lalu, Senior Vice President Apple, Eddy Cue mengungkap alasan Apple mengakuisisi Beats. Menurut Cue, setidaknya ada tiga alasan yang mendasari akuisisi tersebut.

Pertama, Bakat. Jimmy Iovine dinilai adalah orang paling berbakat yang pernah dia temui di industri musik. Begitupun Dr.Dre juga hebat. Keduanya dianggap sebagai tim yang sangat hebat.

Kedua, Headphone buatan mereka (Beats) sangat keren. Mereka berhasil melakukan hal hebat dalam pengerjaan audio dan membuat suara yang dihasilkan luar biasa.

Ketiga, Beats Music. Layanan musik milik Beats ini dianggap bagus, dan berlangganan musik mereka lakukan dengan benar.

Saat ditanya mengapa Apple tidak membuat hardware dan layanan langganan musik sendiri, Cue mengatakan:

“Kami tidak melakukan semua hal. Kami mencoba melakukan beberapa hal saja. Kami pikir talenta yang dimiliki Beats bisa mempercepat kerja kami. Tidak usah berpikir dua kali. Ini bukanlah hal yang bisa terjadi dalam satu malam. Jimmy dan saya telah membicarakan kerjasama ini selama 10 tahun terakhir.”

Selain itu Cue juga memastikan merek “Beats” tidak akan dihapus meskipun perusahaan tersebut telah melebur ke dalam Apple. Saat ini layanan Beats Music telah memiliki 250.000 pelanggan sementara Apple iTunes telah memiliki 800 juta pengguna.

Ajang WWDC 2014 (2-6 Juni) disebut-sebut sebagai debut pertama Apple untuk memamerkan teknologi Beats pada iDevice. Kita tunggu apa yang akan dilakukan Jimmy Iovine dan Dr. Dre setelah menjadi bagian Apple di acara tersebut.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI