Ini 10 Fitur Baru di Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat
Android 4.4 KitKat

Jakarta – Google baru saja merilis Android versi terbaru Android 4.4 KitKat berbarengan dengan diluncurkan smartphone Google Nexus 5. Dalam update kali ini Google menambahkan banyak sekali peningkatan kemampuan dan fitur-fitur baru pada sistem operasi mobile terbarunya ini. Apa sajakah fitur-fitur baru tersebut?

Google Nexus 5 menjadi smartphone pertama yang mengusung Android 4.4 KitKat. Yang menarik, selain kompatibel dengan banyak perangkat lama, versi terbaru Android ini juga bakal berjalan optimal di banyak perangkat Android murah. Update kali ini merupakan update besar yang membawa banyak sekali fitur baru yang mungkin sudah Anda nanti-nanti. Well, berikut ini fitur-fitur baru yang diusung Android KitKat yang patut Anda ketahui:

1. Tampilan antarmuka baru lebih halus

Antar muka Android KItKat

Android 4.4 jauh lebih ringan dan lebih cepat daripada Android versi 4.3, dan juga tak lagi boros memori seperti versi sebelumnya. Karena Android 4.4 berdasarkan pada Linux 3.8 baru berbasis kernel yang kabarnya membantu konsumsi RAM yang lebih rendah, meskipun berjalan pada perangkat dengan RAM 512MB sekali pun.

2. Fitur OK Google

OK Google

Dengan homescreen berbasis Google Now untuk memulai pencarian menggunakan Google search, menyalakan layar smartphone, mengambil foto kini bisa  dengan perintah suara ‘OK Google’. Sebelumnya perintah suara terbatas pada tombol speaker di widget Google Search dan dalam aplikasi Google Search itu sendiri.

3. Google Hangout terintegrasi SMS

Google Hangout terintegrasi SMS

Google Hangout kini mendapat dukungan SMS, MMS, berbagi lokasi, dan animasi GIF. Dengan kemampuan baru ini, Anda bisa berkirim pesan SMS, MMS, instant messaging bisa dilakukan melalui Android Kitkat.

4. Immersive Mode

Immersive Mode di Android KitKat

Fitur baru ini memungkinkan Anda swipe dari pinggir screen untuk mengembalikan status bar dan tombol-tombol navigasi. Kalau sebelumnya latar belakangnya berwarna hitam, kini di Android KitKat menjadi transparan dan ikon seperti baterai, kekuatan sinyal dan lain-lain akan menjadi putih. Sama halnya dengan bar navigation, di mana Home, Back dan App Swicher tetap ada.

5. Desain Emoji yang unik

Desain Emoji unik

Emoji sekarang tampil lebih unik dan bisa didapat langsung di stock keyboard app. Selain itu Android terbaru juga telah membawa perubahan dalam desain ikon aplikasi seperti YouTube, Pengaturan, Pengaturan Google, Google Voice Search dan and Settings. Selain itu ada beberapa perubahan dalam tampilan jam, stopwatch dan aplikasi timer, dan bagian download baru untuk aplikasi dan game.

6. Fitur HDR+

Fitur HDR+

Fitur kamera baru yang disebut HDR+ ini memungkinkan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dalam pencahayaan buruk dan situasi bergerak.

7. Caller ID baru terkoneksi Internet

Dialer baru terkoneksi Internet

Di Android KitKat, Anda kini dapat mencari nomor telepon tertentu dan mengurutkan contacts berdasarkan  orang-orang yang sering Anda telepon dan memungkinkan mencari tempat atau lokasi bisnis langsung dari tombol dialer.Dan di perangkat Android KitKat memiliki latar belakang berwarna putih, biru dan angka batas biru.

8. QuickOffice Terintegrasi

QuickOffice di Android KitKat

Aplikasi QuickOffice di dalam Android KitKat ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengedit file di Microsoft Office. Aplikasi ini juga sudah ada iOS.

9. Cloud Printing

Cloud Printing Android KitKat

Perangkat Android sekarang akan memiliki kemampuan untuk mencetak secara nirkabel dengan Cloud Printing. Dengan aplikasi ini, pengguna Android Kitkat bisa mengirim perintah untuk mencetak dokumen dari tablet, Smartphone mereka melalui laptop ke printer yang terhubung, idealnya untuk Microsoft Office.

10. Screen Recorder

Screen Recorder di Android KitKat

Kini Android KitKat memiliki fitur ‘Screen Recorder’ yang sudah terintegrasi untuk memudahkan membuat tutorial tertentu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI