telset

Pendapatan Tumbuh 5%, XL Kantongi Laba Rp 917 Miliar

Trial layanan 4G LTE XL di Bali (hbs/telsetnews)
Trial layanan 4G LTE XL di Bali (hbs/telsetnews)

Jakarta  – PT XL Axiata Tbk. (XL) hari ini mengumumkan kinerja keuangannya di kuartal ketiga 2-13. XL mencatat pertumbuhan kinerja sebesar 5% kuartal per kuartal dengan pendapatan sebesar Rp 15,9 triliun selama sembilan bulan tahun 2013.

Kenaikan pendapatan didorong oleh kenaikan pendapatan layanan Data sebesar 15% dari tahun lalu. Sampai dengan kuartal ketiga 2013, pendapatan non percakapan memberikan kontribusi sebesar 54% dari total pendapatan.

“Pertumbuhan kinerja yang positif selama dua kuartal berturut-turut sejak kuartal pertama ini merupakan hasil dari eksekusi strategi kami yang stabil. Pendapatan kami tumbuh sebesar 5%, dengan pertumbuhan tercepat berasal dari Data,” ungkap Hasnul dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (1/11).

Menurutnya, XL akan tetap fokus pada layanan Data, karena peluang bisnis layanan Data masih besar. Ia mengungkapkan, di kuartal ketiga tahun ini, pendapatan Data memberikan kontribusi sebesar 23% dari total pendapatan perusahaan, dibanding 19% pada tahun lalu.

Traffic Data juga tumbuh 125%, dengan total pelanggan Data sebanyak 33,7 juta pelanggan atau sekitar 58% dari total pelanggan XL.

Sementara laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 6,4 triliun dengan marjin EBITDA sebesar 40% dan laba bersih sebesar Rp 917 miliar.

Namun hutang XL juga semakin membengkak menjadi Rp 17,6 triliun dari tahun sebelumnya Rp 14,6 triliun, dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1.3 kali menjadi 1.8 kali.

XL juga telah membelanjakan Rp 5,8 triliun dalam belanja modal untuk investasi selama sembilan bulan pertama di tahun 2013, yang menggunakan kombinasi dana internal dan hutang.

Investasi yang ditanamkan XL diantaranya berupa pembangunan infrastruktur jaringannya. Hingg Q3 2013 lalu, anak usaha Axiata Group ini telah memiliki 14.722 Node B, meningkat 38% dari tahun lalu. Total BTS  2G dan 3G XL kini sebanyak 42.796 BTS.

“Investasi tetap diutamakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di area-area yang memiliki potensi penggunaan layanan Data,” terang Hasnul.

Untuk dapat terus memperkuat posisi di pasar, tahun ini XL telah meluncurkan beberapa produk seperti XL-KU, Paket Serbu dan XL-Bebas, dan berhasil diterima dengan baik di pasar. Hasilnya, XL mampu  mendorong pertumbuhan pelanggan sebesar 7% kuartal per kuartal  menjadi 58,1 juta pelanggan.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0