Kipas Angin Ini Bisa Mendeteksi Keberadaan Anda

Screen-shot-2014-05-02-at-2.24.48-PMJakarta – Sebagian dari Anda mungkin berpikir, betapa kunonya sebuah kipas angin, di saat pendingin ruangan bernama AC bahkan telah bisa dikendalikan dari kejauhan. Itu masuk akal, terlebih jika melihat tak banyak perubahan berarti yang dialami oleh perangkat itu.

Tapi, tahukah Anda bahwa kipas angin pun kini telah bertransformasi menjadi perangkat yang lebih pintar? Tidak lagi sekedar penyejuk ruangan dengan motor listrik kecil, beberapa helai ‘pisau’, atau trik lainnya yang membuatnya berputar. Tapi ada inframerahnya.

Adalah Iris Ohyama, produsen asal Jepang yang berhasil melakukan itu. Membawa kipas angin ke level berikutnya, dengan memberinya tambahan fungsi baru yang pintar. Yap, kemampuan untuk merasakan keberadaan orang di ruangan.

Mengutip laman Digitaltrends, kipas angin ini akan mendeteksi tubuh manusia lewat panasnya, menggunakan sensor inframerah yang ditempatkan di bagian depan badannya, sebelum akhirnya menentukan perkiraan jumlah dan lokasi dari orang-orang di ruangan tertentu.

Berbekal informasi itu, kipas angin pintar ini pun akan secara otomatis menyesuaikan sudut dan arah kepalanya sehingga memungkinkannya mendistribusikan udara ke tempat-tempat yang membutuhkan. Dan bukan ruang-ruang kosong tak berpenghuni.

Dibanderol dengan harga ¥18,000 atau sekitar US$176, sulit diprediksi apakah kipas angin ini akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Namun yang pasti, pihak Iris Ohyama mengatakan bahwa produknya ini sudah dapat dibeli melalui website-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI