Indosat Bantu Atasi Covid-19 dengan Solusi Smart City

Teknologi Indosat Covid-19

Telset.id, Jakarta Indosat Ooredoo Business ikut membantu pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Caranya dengan menghadirkan inovasi teknologi berupa Solusi Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data.

Indosat bekerja sama dengan banyak pihak untuk menghadirkan tiga inovasi teknologi demi mengatasi Covid-19 di tanah air.

Untuk Solusi Smart City, Indosat menggandeng Qlue untuk menghadirkan Solusi Smart City, yaitu teknologi yang memantau pergerakan warga, terkait dengan protokol kesehatan Covid-19.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Tunjuk Medhat Elhusseiny Jadi CTIO Baru}

Solusi tersebut bisa digunakan pemerintah kota untuk melihat penerapan protokol kesehatan di kota mereka, seperti kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, dan penggunaan transportasi.

“Indosat Ooredoo terus berusaha untuk saling bahu-membahu bersama dengan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini,” kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.

Selain itu, Indosat juga bekerja sama dengan Alibaba dalam mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor termasuk layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT yang bisa digunakan supaya proses dan pengelolaan data bisa lebih efisien.

Pemrosesan data secara terpusat pada pemerintah kota yang akan mempermudah proses analisa data serta bertujuan untuk mengimplementasikan Artificial Intelligence (AI) yang dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan.

{Baca juga: Suka Ngoding? Ikutan Beasiswa IDCamp 2020 dari Indosat Ooredoo}

Solusi Hybrid Cloud ini juga dapat diintegrasikan dengan data center yang sudah dimiliki suatu pemerintah kota, sehingga dengan adanya integrasi data maka bisa dilakukan Data Analytic dan AI yang akurat.

Lebih dari itu, teknologi Big Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah kota.

“Kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan solusi yang tepat sasaran dan mampu memberikan kemudahan serta mendukung keberlangsungan pemerintahan saat ini,” tambah Bayu.

Indosat Connex

Sebelumnya, Indosat Ooredoo Business juga menghadirkan sebuah platform bernama Connex. Platform ini sebagai ruang untuk saling berbagi pengetahuan serta perkembangan terkini seputar industri dan teknologi.

Harapannya melalui platform Connex ini Indosat Ooredoo Business dapat semakin dekat dengan seluruh mitra dan pelanggan serta terlibat secara aktif untuk menciptakan inovasi-inovasi baru melalui berbagai kegiatan, baik offline maupun online.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Bagi-bagi Kuota 30GB Gratis untuk Kuliah Online}

Kegiatan pertama Connex adalah Webinar yang bertemakan “Siap Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman” yang dilaksanakan pada Kamis (16/07/2020).

Bayu berharap supaya Connex akan terus berjalan dan melahirkan ide-ide baru yang bisa membantu untuk menangani pandemi Covid-19.

“Kami berharap webinar pertama yang diadakan melalui platfrom Connex ini, dapat memberikan wawasan serta informasi baru terkait peran penting teknologi dalam mendukung dan memberikan solusi dalam penanganan krisis Covid-19,” tutup Bayu.

Indosat sendiri ikut aktif membantu menangani korban pandemi Covid-19. Beberapa waktu lalu, Indosat menyalurkan bantuan berupa puluhan ribu paket sembako kepada masyarakat, serta ribuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis.

{Baca juga: Lawan Covid-19, Indosat Ooredoo Salurkan Bantuan Paket Sembako}

Bantuan ini merupakan kolaborasi antara Indosat Ooredoo dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan yang diberikan Indosat Ooredoo berupa 10 ribu paket sembako, 13 ribu kartu perdana IM3 Ooredoo, 3.000 APD berupa hazmat dan pelindung wajah, serta 100 wastafel portabel ke permukiman warga. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here