Home NEWS Indosat Lakukan PHK Terhadap 500 Karyawan

Indosat Lakukan PHK Terhadap 500 Karyawan

Telset.id, Jakarta – Indosat dilaporkan telah memberhentikan karyawan secara sepihak atau PHK terhadap 500 karyawan pada Jumat (14/02) kemarin. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden Serikat Pekerja Indosat, R.Roro Dwi Handayani.

Menurut Roro kepada tim Telset.id pada Sabtu (15/02/2020), tidak kurang 500 karyawan Indosat mendapatkan penawaran pengunduran diri dengan tenggat waktu dari perusahaan.

Hal ini dilakukan terkait dengan rencana Indosat untuk melakukan pengalihan pekerjaan atau Managed Services di fungsi Network Operation, dan perampingan organisasi.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Dukung Evaluasi SOP Terkait Pergantian SIM Card}

“Yang dilakukan ini adalah program PHK ilegal. Kami menyesalkan buruknya komunikasi dan perlakuan perusahaan kepada seluruh karyawan, khususnya kepada yang terkena dampak keputusan ini,” kata Roro.

Ia mengatakan, kebijakan PHK yang dilakukan Indosat Ooredoo terhadap karyawan dilakukan tanpa melalui proses komunikasi dengan serikat pekerja. Hal ini bertolak belakang dengan aturan dalam undang-undang tenaga kerja, di mana perusahaan harus dilakukan perundingan dan kesepakatan ketika ingin melakukan PHK.

“Undang-undang dan PKB yang berlaku di Indosat mewajibkan adanya perundingan dan kesepakatan tertulis jika perusahaan ingin melakukan PHK”, tambah Roro.

Roro mengatakan, posisi karyawan yang terdampak terdesak. Mereka hanya diberi waktu sekitar 4 jam untuk menandatangani form yang berisi ketersediaan mereka untuk menerima PHK. Keuntungan yang didapat terus menurun seiring lamanya waktu mereka untuk menerima penawaran tersebut.

”Karyawan hanya diberi waktu kurang lebih 4 jam untuk menandatangani form kesediaan PHK jika ingin mendapatkan benefit yang maksimal. Benefit akan terus menurun setiap beberapa hari, hingga sampai seminggu benefit hanya senilai ketentuan pesangon pada UUK 13/2003” kata Roro.

“PHK ini bersifat pemaksaan, karena meski berupa penawaran, namun bagi yang menolak nantinya akan tetap diproses PHK melalui pengadilan” imbuhnya.

{Baca juga: Kasus Ilham Bintang Akibat Indosat Tak Patuhi SOP}

Indosat sebelumnya juga mendapat isu miring terkait kasus pembobolan rekening Ilham Bintang. Ada dugaan, salah satu penyebab kasus ini terjadi karena operator tersebut tidak mengikuti SOP dalam melakukan pelayanan pergantian SIM card. (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version