telset

Imbas Bug Twitter, Data 17 Juta Pengguna Android Terancam

Telset.id, Jakarta – Baru-baru ini telah ditemukan bug Twitter oleh seorang peneliti keamanan bernama Ibrahim Balic. Celah keamanan tersebut terbilang sangat berbahaya, karena dapat membuat data pengguna Twitter bocor ke publik.

Dikutip Telset.id dari Tech Crunch, Jumat (27/12/2019), Ibrahim menceritakan bahwa dirinya bisa mencocokkan catatan di 7 negara yang berbeda, termasuk salah satu politisi senior Israel dan beberapa pengguna terkenal lainnya.

Ia pun mengatakan, ketika seseorang mengunggah kontak seseorang, Twitter akan “membalasnya” dengan mengambil data pengguna.

{Baca juga: Twitter Akui Ada Bug Penyebar Info Lokasi di Aplikasi}

Tak cukup sampai di situ, bug Twitter ini mampu membuat seorang pengguna dapat mencocokkan nomor telepon dan akun Twitter dari pemilik nomor tersebut. Penyebabnya, karena bug tersebut diduga telah membocorkan 17 juta data pengguna yang memakai smartphone android.

Twitter sebelumnya telah melaporkan celah keamanan di aplikasi Android pada 20 Desember 2019. Bug itu memungkinkan pengguna dapat melihat informasi akun private, dan dapat mengontrol akun pengguna.

{Baca juga: Awas! Smartphone Android Murah Disusupi Aplikasi Berbahaya}

Namun kelemahan baru yang dilaporkan Ibrahim adalah bug dimana pengguna lain dapat mengetahui nomor telepon seseorang dan mampu mengetahui akun Twitter mereka dari nomor telepon.

Sebelumnya dilaporkan, perusahaan riset keamanan Kryptowire menyebut bahwa smartphone Android berbanderol murah biasanya memiliki sejumlah aplikasi berbahaya.

Kryptowire mencatat bahwa kerentanan itu ditemukan di smartphone Android yang dikirim oleh setidaknya 29 produsen. Sayang, Kryptowire tidak mengungkapkan secara rinci smartphone Android yang dimaksud. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0