Ilmuwan Temukan Fakta Baru Asal Usul Mars, Apa Itu?

Asal usul Mars

Telset.id, Jakarta – Ilmuwan menemukan fakta baru terkait asal usul pembentukan planet Mars. Sebelumnya diperkirakan kalau proses pembentukan planet mars membutuhkan waktu 2 juta tahun.

Tapi ternyata, berdasarkan temuan para ilmuwan yang terus mencoba memetakan masa lalu tata surya, terungkap fakta baru asal usul pembentukan planet Mars.

Dilansir dari New York post, rupanya Mars mungkin butuh waktu 20 juta tahun untuk terbentuk. Lalu, bagaimana bisa planet itu terbentuk?

{Baca juga: Ternyata, pH Air di Mars Serupa dengan Lautan di Bumi}

Dikutip Telset.id, Sabtu (15/02/2020), pada awal sejarah, informasi menyebut bahwa planet merah kemungkinan ditabrak oleh protoplanet kecil sekitar 1.200 mil. Para ilmuwan pun kemudian mencoba memodelkan bagaimana bahan yang terkait dengan dampaknya.

Sekitar 200 meteorit yang muncul di Bumi diyakini berasal dari Mars. Mereka menampilkan elemen-elemen seperti tungsten dan platinum, yang kemungkinan telah bermigrasi dari mantel ke inti besi pusat selama pembentukan.

Bukti unsur-unsur dalam mantel Mars, seperti yang terlihat dalam meteorit, sangatlah penting. Sebab, mereka menunjukkan bahwa Mars dibombardir oleh protoplanet setelah pembentukan inti utamanya tercatat berakhir.

{Baca juga: Antariksa Eropa Abadikan Momen Indah Saat Badai di Mars}

Dengan mempelajari peluruhan radioaktif unsur-unsur tersebut, para ilmuwan dapat menemukan kapan Mars selesai terbentuk. Untuk menyelidiki proses itu, para ilmuwan melakukan simulasi dampak partikel-halus hidrodinamika.

“Kami tahu Mars menerima unsur-unsur seperti platinum dan emas. Berdasarkan model kami, tabrakan awal menghasilkan mantel Mars heterogen seperti kue,” kata penulis Simone Marchi. (SN/MF)

SOURCENew York Post
Previous articleTajir Abis, Jeff Bezos Beli Cash Rumah Termahal di LA
Next articleMasyarakat Diimbau Waspada Penyebaran Virus Corona Lewat Paket

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here