Ilmuwan Jepang Temukan Fosil Dinosaurus Dewa Naga

Telset.id, Jakarta – Ilmuwan Jepang berhasil menemukan spesies dinosaurus baru. Spesies dinosaurus pemakan tumbuhan tersebut diberi nama “Kamuysaurus japonicus” atau Dewa Naga Jepang.

Dilansir Telset.id dari Japan Today pada Minggu (08/09/2019), penemuan bermula saat ditemukan fosil ekor di Jepang utara pada tahun 2013. Pengumpulan fosil dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Hokkaido Jepang dan ternyata fosil tersebut merupakan spesies baru dinosaurus.

Mereka memprediksi jika dinosaurus tersebut berukuran 8 meter, pemakan tumbuhan atau herbivora dan berusia 72 juta tahun. Menurut ilmuwan, dinosaurus ini masuk dalam spesies baru di famili Hadrosaurida. Diprediksi dinosaurus ini berkeliaran di Bumi pada akhir periode Cretaceous.

{Baca juga: Ngeri! T-Rex Raksasa Ditemukan di Kanada, Bobotnya Capai 8 Ton}

Usia hidup dinosaurus ini diprediksi sekitar 9 tahun dan memiliki berat 4 atau 5,3 ton tergantung apakah dia berjalan dengan dua kaki atau empat. Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal peer-review Inggris “Scientific Reports”

“Fakta bahwa dinosaurus baru ditemukan di Jepang berarti pernah ada dunia dinosaurus independen di Jepang atau di Asia Timur, dan proses evolusi independen,” kata pemimpin tim Yoshitsugu Kobayashi.

Kobayashi menilai jika  Dinosaurus Dewa Naga Jepang ini mungkin hidup di daerah pantai, yang merupakan habitat langka bagi dinosaurus pada waktu itu.  “Sangat jarang bahwa kerangkat dinosaurus dalam kondisi berkembang ini ditemukan di Asia Timur,” kata Kobayashi.

{Baca juga: Bikin Canggung, Pose Dinosaurus di Legoland Malaysia Viral}

“Karena Jepang memiliki banyak cadangan laut, lebih banyak dinosaurus diperkirakan akan digali di masa depan,” katanya.

Penelitian ini meningkatkan kemungkinan bahwa beberapa spesies dinosaurus lebih suka mendiami daerah dekat lautan, menunjukkan lingkungan garis pantai adalah faktor penting dalam diversifikasi dinosaurus dalam evolusi awal mereka. [NM/HBS]

Sumber: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here