Ilmuwan Tak Sengaja Ciptakan Ikan Spesies Baru, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan secara tak sengaja menciptakan ikan spesies baru. Mereka menghasilkan hibrida dari dua spesies ikan yang terancam punah, yakni paddlefish Amerika dan sturgeon Rusia.

Sekadar informasi, para ilmuwan biasanya tidak pernah berupaya menciptakan spesies baru apa pun.

Sebab, menciptakan spesies baru dianggap sebagai upaya yang berisiko. Disamping pula terdapat hambatan etis.

{Baca juga: Ilmuwan Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Planet Venus}

Namun, seperti yang pernah dikatakan Ian Malcolm, kehidupan menemukan jalan. Para peneliti di Hungaria tampaknya telah “melahirkan” hibrida ikan yang sama sekali baru. Mereka melakukannya secara kebetulan.

Dalam sebuah studi baru, dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (23/7/2020), mereka tidak sengaja menciptakan hibrida dari dua spesies ikan yang terancam punah, yakni paddlefish Amerika dan sturgeon Rusia.

Semua berawal ketika tim penelitian dari Hungaria sedang mencoba untuk mendapatkan spesies sturgeon Rusia untuk bereproduksi secara aseksual. Nah, saat itulah segalanya berjalan sedikit keluar dari jalur.

Mereka bereksperimen dengan gynogenesis, yang dapat memungkinkan suatu spesies menghasilkan keturunan baru secara aseksual. Sperma masih diperlukan untuk proses, tapi ternyata tidak benar-benar berkontribusi.

{Baca juga: Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan}

Untuk memicu gininesis, para ilmuwan menggunakan sperma paddlefish Amerika. Namun, sesuatu yang mengejutkan terjadi. Mereka menemukan fakta bahwa sperma tersebut sebenarnya membuahi sel telur.

Paddlefish Amerika atau ikan dayung sendiri merupakan spesies ikan bersirip basal yang terkait erat dengan sturgeon dalam urutan Acipenseriformes.

Catatan fosil ikan ini berasal lebih dari 125 juta tahun yang lalu, tepatnya selama Zaman Kapur Awal.

Paddlefish Amerika adalah ikan air tawar berkulit halus yang biasa disebut paddlefish, dan juga disebut sebagai Mississippi paddlefish. Ini adalah satu-satunya spesies yang hidup dalam keluarga paddlefish, Polyodontidae. [SN/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here