telset

Ilmuwan Ceko Panen Sayuran dari Kebun di ‘Planet Mars’

Telset.id, Jakarta  – Ilmuwan Ceko telah membuka laboratorium untuk bereksperimen dengan menanam sayuran di lahan dengan lingkungan dengan kondisi ekstrem dan kekurangan air, mirip seperti di Planet Mars. Para ilmuwan baru saja menikmati panen pertamanya.

Eksperimen “Marsonaut” oleh ilmuwan Jan Lukacevic dan timnya di Prague University of Life Sciences tersebut didasarkan kepada aeroponik atau tanaman yang tumbuh di udara tanpa tanah seperti di Planet Mars.

{Baca juga: Orbiter Menangkap Foto Pemandangan Aneh di Planet Mars}

Tanaman itu membatasi penggunaan air seminimal mungkin dan tumbuh secara horizontal dari unit vertikal serta ditanam dengan cara ditumpuk satu sama lain guna meminimalisasikan ruang.

Para peneliti bereksperimen dengan perubahan suhu dan cahaya. Menurut New York Post, tim berhasil menumbuhkan tanaman mustard, daun salad, lobak, dan rempah-rempah seperti kemangi.

Seperti dikutip Telset.id, Senin (4/11/2019), para ilmuwan melakukan panen pertama pada minggu lalu. “Rasanya sangat enak karena tanaman tumbuh di lingkungan yang terkendali,” kata Lukacevic.

Stroberi adalah tanaman berikutnya yang bakal ditanam. Manfaat utama dari metode penanaman seperti itu adalah menggunakan air 95 persen lebih sedikit daripada budidaya tanaman normal.

{Baca juga: NASA Berburu Kehidupan di Sungai Purba Mars}

Tak hanya hemat air, penanaman model tersebut juga lebih sedikit memakan ruang, yang dapat meningkatkan hasil pertanian di daerah-daerah yang dilanda urbanisasi dan perubahan iklim.

Planet Mars memang sejak lama diisukan memiliki kehidupan di dalamnya, yang membuat para peneliti semakin penasaran untuk terus melakukan observasi pada Planet Merah tersebut.

Misalnya saja saat itu muncul kabar jika ada molekul dari senyawa air serta beberapa jejak kaki yang ditemukan pada planet yang kabarnya akan menjadi destinasi wisata nantinya itu.

baru-baru ini rover milik NASA, yakni Mars Curiosity Rover baru saja menemukan beberapa bukti yang menguatkan jika di Planet Mars ada (kemungkinan) kehidupan.

{Baca juga: NASA Temukan Bukti Planet Mars “Punya” Kehidupan}

Bukti tersebut berupa foto-foto yang memperlihatkan adanya sendok berukuran besar berada di atas bebatuan pada planet yang berada di urutan keempat setelah Bumi itu. Bahkan penemuan itu bukanlah untuk yang pertama kalinya.

Beberapa waktu lalu, rover tersebut sempat menemukan sebuah objek yang menyerupai cincin yang berada di atas bebatuan serta adanya formasi dari bebatuan yang terlihat tak biasa. Bahkan rover itu juga pernah mengabadikan sosok yang diduga menyerupai seekor reptil. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0