Iklan Lecehkan Bekasi, Indosat Minta Maaf

Indosat iklan BekasiJAKARTA – Indosat secara resmi menyampaikan permintaan maaf atas beredarnya iklan viral berjudul, “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi”. Iklan Indosat yang melecehkan kota Bekasi itu diakui salah dan sudah ditarik dari peredaran.

“Dengan ini kami meminta maaf karena tidak pernah ada maksud untuk menyinggung pihak manapun dalam medium kami berpromosi. Iklan tersebut juga sudah ditarik segera setelah kami menyadari dampak yang ditimbulkannya,” ujar President Director & CEO Indosat Alexander Rusli dalam pernyataan tertulisnya yang diterima telsetNews, Minggu (11/1/2015).

Alex menegaskan, bahwa iklan tersebut sudah ditarik saat itu juga dari akun Twitter @IndosatMania. Indosat menyatakan sangat menghargai berbagai masukan dan saran yang masuk dari masyarakat setelah membuat warga Bekasi tersinggung kalimat di iklan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas kritik dan saran dari warga Bekasi serta masyarakat pada umumnya, yang senantiasa kami jadikan koreksi agar ke depannya kami dapat menjadi lebih baik,” tandasnya.

Indosat menyatakan telah memiliki hubungan yang baik dengan Pemda Bekasi lewat berbagai kerjasama yang terjalin selama ini. Seperti program Car Free Day, ajakan ‘Jaga Kebersihan’ dalam penataan tempat sampah berlogo Indosat, serta dukungan terhadap Medina Warda Aulia, grand master catur wanita yang juga warga Bekasi.

“Kami sangat membuka diri akan dialog dan pertemuan dengan komunitas masyarakat Bekasi untuk membahas masalah ini dalam kesempatan pertama,” ujar Alex.

Sementara itu, Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, saat dihubungi mengatakan pihaknya telah meminta maaf atas iklan viral yang menyinggung warga Bekasi.

Adrian mengatakan timnya tidak bermaksud untuk menyinggung warga Bekasi melalui iklan itu. Indosat bahkan berencana mendatangi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk meminta maaf secara langsung.

“Kita minta maaf kepada warga dan semua elemen masyarakat yang merasa tersinggung, merasa dilukai. Karena kami engga ada maksud untuk menghina atau menyinggung. Sama sekali tidak ada maksud,” ujar Adrian.

Dijelaskannya, bahwa penggunaan kata Bekasi dalam iklannya karena kata “Bekasi” memiliki akhir rima yang senada dengan kata “Aussie”. Kata “Aussie” sendiri juga menjadi salah satu bagian dari judul iklan Indosat, yaitu “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi”.

Masalah ini bermula dari penayangan iklan berbentuk viral oleh pihak Indosat yang memancing kemarahan warga Bekasi di media sosial. Biang masalahnya karena dalam iklan itu, Indosat menuliskan kalimat, “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi”.

Kalimat bernada melecehkan itulah yang menyulut kemarahan warga Bekasi. Tak hanya masyarakat yang marah, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga mengungkapkan kegeramannya atas iklan yang dianggap melecehkan kota Bekasi itu.

Rahmat menganggap bahwa iklan tersebut sebuah pelecehan bagi daerah yang dipimpinnya. Menurutnya, iklan yang dibuat Indosat itu sangat tendensius, dan hanya ingin mencari popularitas tanpa memikirkan dampak luas di masyarakat Kota Bekasi.

“Pelecehan dari produk iklan yang tidak ada dasar ukurannya. Saya kecewa, atas nama Pemerintah Kota Bekasi,” kata Rahmat murka.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
Artikel Terkini
HARGA & SPESIFIKASI

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0