IBM akan Hadirkan Pengontrol Lampu Lalu Lintas AI

Telset.id, Jakarta – IBM mengantongi izin menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mengontrol lampu lalu lintas. Dalam waktu dekat, IBM akan menghadirkan lampu lalu lintas otomatis yang dikendalikan oleh kamera, bukan alat pengatur waktu.

IBM meyakini pemakaian teknologi AI untuk mengontrol lampu lalu lintas bakal membuat trafik kendaraan lebih teratur. Dilansir The Next Web, sistem lampu lalu lintas tersebut akan dikendalikan penuh oleh perangkat komputer melalui proses analisa kepadatan jalan secara real time.

Selanjutnya, komputer bakal mencari tahu cara terbaik untuk mengelola rentetan kendaraan yang melintas di jalan raya setiap hari. Sebelum melakukan analisa, komputer akan terlebih dahulu mendapat gambaran trafik dari kamera yang terpasang di lampu lalu lintas di persimpangan.

Jika data-data sudah masuk, komputer bakal membaca pola perubahan lalu lintas di persimpangan guna menentukan ruas mana yang mendapat prioritas untuk berjalan. Hasil analisa yang diolah oleh komputer diklaim sangat akurat sehingga arus di persimpangan bakal lancar.

Penggunaan kamera untuk mengontrol lalu lintas sudah diterapkan di beberapa negara. Baru-baru ini, Kepolisian Australia Barat malah memutuskan untuk sementara menghentikan penggunaan 11 kamera bergerak yang baru digunakan mengecek laju kecepatan kendaraan.

Baca juga: Canggih! Mesin IBM Tebak Password Kurang dari 2 Menit

Mereka menduga ada kesalahan sistem yang berjalan di kamera-kamera tersebut. Sebab, ada pengemudi perempuan tertangkap kamera mengendarai mobil dengan kecepatan 160 kilometer per jam di jalan raya di kota Perth. Polisi sangsi dengan pelanggaran yang dilakukan wanita itu.

Dari pengecekan manual, polisi akhirnya menemukan ada 20 kasus kesalahan analisa kamera. Polisi pun kemudian mengecek 53.000 kendaraan yang oleh sebelas kamera yang dipasang pada Januari 2018 tersebut terbaca melebihi batas kecepatan yang diizinkan. [SN/HBS]

Sumber: The Next Web.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here