NEWS

Hyundai Kembangkan Airbag untuk “Tabrakan Karambol”

Bagus Adi

Telset.id, Jakarta – Hyundai Motor Group, produsen mobil terbesar di Korea Selatan (Korsel) mengatakan telah mengembangkan sistem Airbag yang lebih aman untuk melindungi orang dari tabrakan yang fatal.

Menurut laporan Motor Authority, sistem airbag yang canggih segera siap bereaksi pada tabrakan selanjutnya setelah mendeteksi tabrakan awal. Dalam kasus tertentu tabrakan ringan tidak cukup menjamin airbag mengembang.

“Jika tabrakan pertama adalah tabrakan kecil tetapi kendaraan terus menyala dan bertabrakan dengan sesuatu yang lain, seperti pohon atau lampu jalan, sistem airbag mengoptimalkan dirinya untuk melindungi pada tabrakan berikutnya,” kata juru bicara Hyundai.

Ini adalah pertama kalinya bagi Hyundai  mengembangkan sistem airbag multi-crash. Sistem airbag ada yang tidak mengembang setelah tabrakan lanjutan, padahal dampak selanjutnya kadang melibatkan kekuatan yang lebih besar dan dapat menyebabkan cedera serius.

{Baca juga: Hyundai Gandeng Startup AI Buat Peta HD Mobil Otonom}

Hyundai Motor Co dan afiliasinya Kia Motors Corp, mengatakan mereka akan menerapkan sistem airbag canggih untuk kendaraan baru yang ditingkatkan. Sebanyak tiga dari 10 kecelakaan mobil melibatkan banyak tabrakan.

Mengutip data dari National Automotive Sampling System, terdapat 56 ribu kecelakaan mobil yang terjadi di Amerika Serikat dari 2000 hingga 2012.

Beberapa waktu lalu, Hyundai memperkenalkan konsep mobil spesialis evakuasi bernama Elevate, sebagai solusi penyelamatan korban di situasi sulit dijangkau. Konsep yang diperuntukkan kondisi bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi.

Mobil Elevate diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Konsep Elevate seperti kendaraan dengan kabin kapsul pengangkut penumpang dan perlengkapan.

{Baca juga: Hyundai Perkenalkan Elevate, Mobil Spesialis Evakuasi}

Mobil itu dilengkapi empat kaki robotik. Kaki-kaki tersebut memiliki roda biar tetap bergulir. Namun, panjangnya bisa bervariasi tergantung kondisi permukaan jalan. Dalam situs resmi, Hyundai menyebut Elevate adalah campuran teknologi kendaraan listrik dan robot. [BA/HBS]

Sumber: Motor Authority

Leave a Comment
Bagus Adi