Hyundai Perkenalkan Elevate, Mobil Spesialis Evakuasi  

Telset.id, Jakarta – Hyundai memperkenalkan konsep mobil spesialis evakuasi bernama Elevate, sebagai solusi penyelamatan korban di situasi sulit dijangkau. Konsep yang diperuntukkan kondisi bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi.

Mobil Elevate diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Konsep Elevate seperti kendaraan dengan kabin kapsul pengangkut penumpang dan perlengkapan.

Mobil itu dilengkapi empat kaki robotik. Kaki-kaki tersebut memiliki roda biar tetap bergulir. Namun, panjangnya bisa bervariasi tergantung kondisi permukaan jalan. Dalam situs resmi, Hyundai menyebut Elevate adalah campuran teknologi kendaraan listrik dan robot.

{Baca juga: Canggih! Ilmuwan Berhasil Ciptakan Baterai dari Kertas}

Mobil itu dipercaya dapat melintasi medan jalan tersulit, bahkan melebihi kemampuan mobil off-road. “Ketika terjadi tsunami atau gempa bumi, kendaraan penyelamat tidak bisa benar-benar sampai ke lokasi,” kata John Suh, Wakil Presiden dan Kepala Hyundai Cradle.

Dalam situasu seperti itu, ujarnya, Elevate otonom bisa datang membantu korban, membuat korban bahkan yang berkursi roda langsung masuk ke dalam. Menurut DailyMail, Cradle merupakan anak perusahaan Hyundai yang berkonsentrasi ke kecerdasan buatan.

Hyundai Cradle menggandeng perusahaan Sundberg-Ferar, asal Detroit untuk pengembangan Elevate. Saat difungsikan, Elevate bisa bergerak ke berbagai arah seperti mamalia atau reptil. Mobil itu sanggup memanjat dinding atau melompati celah 1,5 meter.

{Baca juga: Keren! Casing Smartphone Ini Bisa Jadi Drone}

“Dengan menggabungkan kekuatan robotik bersama teknologi EV (mobil listrik) terbaru Hyundai, Elevate memiliki kemampuan membawa orang ke tempat yang sebelumnya belum pernah terjangkau mobil,” ujar David Byron, manajer desain Sundberg-Ferar. [BA/HBS]

Sumber: Dailymail

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI