telset

HTC One S

HTC memilih bahan almunium untuk menyelimuti desain unibody One S. Agak licin namun terlihat kokoh. Walau memakai material logam, bobotnya tidak lebih dari 119.5 gram. Ketipisan yang hanya 7.8 mm membuat One S nyaman di tangan dan tidak terlalu mengganjal saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Tak hanya itu, vendor asal Taiwan ini juga tidak absen melindungi layar seluas 4.3 inch dengan lapisan Gorilla Glass agar layar ponselnya tetap mulus saat disimpan. Dukungan teknologi super AMOLED beresolusi 960 x 540 pixel pada layarnya membuat One S mampu memperlihatkan berbagai tampilan gambar dalam paduan warna yang terang dan tajam.
Anda akan menemukan tiga tombol sentuh yaitu back, home, dan task manager sebagai kendali utama selain lewat sentuhan jari di layar. Sementara, tombol pengaturan volume diletakkan di sisi kanan ponsel. Tombol power diletakkan bersebelahan dengan lubang jack audio pada sisi atas ponsel.

Beralih ke bagian belakang ponsel, HTC meletakkan lensa kamera beserta LED flash. Pada sisi ini pula tersemat nama HTC serta beats audio. Untuk menemukan slot micro SIM card, Anda perlu membuka bagian atas casing yang melingkari lensa kamera.

Untuk antarmuka, HTC masih konsisten dengan HTC Sense-nya. Berkat HTC Sense 4.0, tampilan layar menjadi lebih segar dan menarik. Ada empat menu utama yang terdiri dari phone, mail, message, dan kamera. Menu utama tersebut dapat diakses secara langsung dalam keadaan lockscreen. Cukup dengan menyeretnya ke dalam ring pengunci, menu yang dipilih dapat langsung dijalankan dari posisi layar terkunci. Cara ini pula yang diterapkan pada fitur music player. Bila Anda sedang memutar musik, kontrol pemutar musik akan muncul pada lockscreen.

Selain itu, HTC pun tidak melupakan kemudahan dalam mengakses aplikasi dan fitur lainnya. Ada lima kustomisasi home screen yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan yakni standard, social, work, play, dan travel.
Widget info cuaca yang menjadi karakteristik Sense masih ada menyambut Anda pada halaman homescreen utama. Kombinasi warna hijau, hitam dan putih yang diadopsi HTC pada sensenya juga masih ada disini.
Task manager yang digunakan Sense juga berbeda bila dibandingkan dengan ICS biasa. Aplikasi yang berjalan dijajarkan bak deretan kartu yang bisa dibuang bila tidak lagi diperlukan.

Sebagai perangkat komunikasi, One S menggunakan sinyal GSM yang digunakan untuk layanan suara dan data. Harus ada sedikit penyesuaian bila SIM card Anda masih berukuran normal karena ponsel ini memerlukan micro SIM card.
Untuk berkirim pesan instan, Anda bisa manfaatkan fitur talk. Pastikan One S telah terhubung oleh jaringan internet agar proses berkirim pesan menjadi lancar. Anda pun bisa menambahkan aplikasi video chat seperti Skype untuk memperkaya jalur komunikasi pada One S. Kualitas suara dan gambarnya tergolong baik bila jaringan internetnya memadai.

One S sanggup memanfaatkan kecepatan jaringan maksimum HSPA+ untuk komunikasi lewat mobile network. Aksi berselancar di dunia maya akan menyenangkan apabila One S bisa mendapatkan kecepatan jaringan tertingginya. Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas WiFi untuk mengakses internet secara gratis dalam jangkauan hotspot.
Selain itu, hadirnya Bluetooth menjadi jembatan yang menghubungkan One S dengan perangkat lain. Anda pun bisa berbagi file dengan mudah tanpa menggunakan kabel.

Bagi yang gemar berpergian dan ingin mengabadikan saat-saat berharga, kamera One S dapat diandalkan sebagai pengganti kamera saku. Dengan resolusi sebesar 8 MP, kamera One S sudah cukup memenuhi kebutuhan fotografi dan merekam video berkualitas Full HD 1080p. Anda pun dapat menggunakan kamera depan beresolusi VGA untuk fungsi yang sama. Kemampuan autofokusnya bekerja dengan baik untuk menghindari hasil foto yang terlihat buram.

Kelebihan yang dimiliki kamera One S adalah sensor BSI yang dapat membuat kualitas foto tetap terjaga meskipun digunakan dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, hadirnya LED flash dapat dimanfaatkan ketika Anda ingin memotret dalam ruangan gelap.

Berbagai kemampuan yang dimiliki membuat kamera One S kami nilai cukup memuaskan. Hampir tidak ada foto yang blur dan tidak ada video yang patah-patah. Hal menarik kami temukan ketika mencoba menggunakan One S untuk merekam yang ternyata tetap bisa memotret dalam waktu yang bersamaan.

One S menyajikan sejumlah fitur multimedia sebagai sarana hiburan. Salah satunya fasilitas hiburan tersaji lewat fitur music player. Sayangnya, fitur notifikasi dalam halaman notifikasi hanya menampilkan simbol pause. Jika ikon disentuh, music player dari halaman notifikasi akan hilang. Kami menyarankan untuk menambahkan aplikasi dari App Store untuk memudahkan Anda saat mendengarkan musik sambil menjalankan aplikasi lain. Aplikasi tambahan akan membantu fitur pemutar musik bawaannya karena hanya menyediakan “stop” pada layar notifikasi.

Di dalam fitur music player bisa diselipkan shortcut aplikasi seperti SoundHound yang dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi terkait dengan lagu yang sedang diputar. Anda pun bisa membuat playlist untuk mengelompokkan lagu-lagu favorit dalam satu folder.
Bukan hal baru lagi bila HTC didukung oleh fitur Beats Audio untuk meningkatkan kualitas suaranya saat dihubungkan dengan headset. Fitur ini tetap dapat dimanfaatkan meskipun Anda tidak menggunakan headset dari Beats Audio. Terdapat pula pilihan untuk mengaktifkan fitur ini.

HTC One S ditenagai oleh sebuah prosesor Snapdragon S4 berinti ganda dengan kecepatan 1.5 GHz. RAM sebesar 1GB pastinya cukup untuk menampung beberapa aplikasi yang berjalan sekaligus. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB telah disediakan One S. Walau tidak disediakan slot Micro SD untuk menambah ukuran penyimpanan fisik, HTC memberikan ruang penyimpanan berbasis cloud lewat fitur dropbox sebesar 25 GB yang dapat digunakan selama 2 tahun. Nice!

SoundHound
Hadirnya SoundHound dapat membantu ketika Anda ingin mengetahui informasi tentang lagu yang sedang didengar dan membaginya lewat Facebook dan Twitter.

Dropbox
Aplikasi dropbox menjadi solusi bagi One S untuk mengekspansi kapasitas penyimpanan. HTC memberikan ruang bebas sebesar 25 GB di dalam dropbox yang bebas diisi selama 2 tahun.

Friend Stream
Aplikasi milik HTC ini dapat memperlihatkan status teman dalam satu kolom saja. Memudahkan Anda untuk melihat aktivitas yang terjadi di sosial media seperti Facebook, Twitter, Flickr, dan Plurk.

Spesifikasi

Dimension : 130 x 65 x 7.8 mm / 119.5 gram
Screen : 4.3 inch AMOLED, Capasitive Touchscreen 960 x 540 pixel, Gorilla Glass
Memory : internal 16 GB, 1GB RAM
Connectivity : HSPA, EDGE, GPRS, bluetooth, WiFi, micro USB, HSPA
Camera  : 8 megapixel, full HD video recording 1080p, VGA (front camera)
Processor : Dual Core 1.5 GHz
OS : Android 4.0 Ice Cream Sandwich

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0