HTC: Apple yang Menjiplak Kami

HTC One A9-iPhoneJAKARTA – Bermula sejak beredarnya bocoran info ke publik tentang produk terbaru dari HTC yaitu HTC One A9, banyak orang mengira jika smartphone terbaru HTC ini adalah “kloningan” dari iPhone 6.

Sebuah foto yang yang tersebar menyimpan banyak kata di dalamnya, dan jika dilihat sekilas, keduanya adalah smartphone yang didesain oleh Apple, padahal hanya salah satu smartphone saja yang faktanya dibuat oleh Apple.

Beberapa waktu lalu, fans dari HTC membela perusahaan yang didukungnya tersebut, tapi sekaranglah waktunya HTC untuk membela dirinya sendiri perihal smartphone barunya itu.

Seperti dilansir dari Want China Times, Presiden HTC Region Asia Utara, Jack Tong menyangkal semua pernyataan bahwa perusahaannya telah meniru desain iPhone untuk disematkan ke produk terbarunya HTC One A9.

“Kita tidak meniru. Kita membuat ponsel unibody berbahan metal pada tahun 2013. Apple-lah yang meniru kami dalam hal desain antena di bagian belakang,” ketusnya.

Tidak ada yang menyangkal pernyataan Tong tersebut, karena memang HTC-lah yang mengawali pembuatan ponsel unibody berbahan metal, jauh sebelum Apple melakukannya. Inilah tampilan belakang dari produk tersebut:

Ya, desain ponsel tersebut sangatlah mewah dan tidak memakai bahan yang biasanya dipakai oleh ponsel kebanyakan. Ini adalah desain dari keseluruhan seri HTC One dari awal sampai akhir.

Dan sekarang coba kita lihat tampilan depan dari setiap ponsel seri HTC One:

Sekarang, kita lihat desain dari Apple iPhone 6s:

Dan HTC One A9:

 

Jika dilihat, memang tidak ada yang membantah bahwa Apple meniru desain dari HTC. Dan ini bukan pertama kalinya Apple melakukannya, dan juga bukan yang terakhir kalinya.

Masalah seperti ini memang sangat mungkin terjadi. Karena semua pabrikan ponsel menghadapai persaingan yang sangat ketat, maka taj mengherankan banyak ponsel yang meniru beberapa atau bahkan seluruh desain ponsel rivalnya tersebut.[MFH/HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI