Samsung Z, Andalkan Sistem Operasi Tizen dan Sensor Sidik Jari

Jakarta – Samsung memang tengah merajai pasar ponsel pintar berbasis Android, yang telah dihadirkannya dalam beberapa seri keluarga Galaxy. Tapi hal tersebut tak mengurangi keinginan Samsung untuk membuat peruntungannya sendiri dengan menghadirkan smartphone terbaru yang hadir dengan sistem operasi Tizen, yang disandikan dengan nama Samsung Z.

Seperti produk terbaru yang dikenalkan sebelumnya, Samsung juga menghadirkan desain identik dari seri sebelumnya. Bahkan, hampir identik dengan desain dari seri Galaxy Note 3 yang memiliki kontur body belakang berpola kulit sintetik. Namun sayangnya, desain tampilan depannya terasa lebih kaku, meski pada bagian sisinya dibuat landai untuk memberikan kenyamanan genggam.

Hal yang menarik dari smartphone terbaru ini adalah sistem operasi berbasis Linux, Tizen, yang dulunya adalah sebuah proyek yang dikembangan dari yayasan Linux yang dipimpin oleh Samsung dan Intel.

Oleh karena itulah, desain antarmuka yang dibuatnya sangat identik dengan apa yang ada pada ponsel basis Android. Sistem menu dan navigasi, serta akses pemberitahuan yang dilakukan dengan cara drop-down layar, sangat identik juga dengan ponsel yang menggunakan UI TouchWiz Samsung lainnya.

Selain itu, Samsung juga meletakkan fitur sensor sidik jari dan monitor denyut jantung, persis seperti seri smartphone flagshipnya yang lain, Galaxy S5. Perangkat ini juga, diklaim memiliki daya tahan baterai yang maksimal, yang bisa bertahan hingga 18 hingga 19 jam waktu pemakaian.

Perihal kamera, Samsung Z mengandalkan kamera resolusi 8MP yang memiliki tujuh mode pemotretan pintar, salah satunya adalah dua pengambilan gambar langsung dari kamera depan dan belakang. Serta fitur Timeshift, yang dapat mengambil frame sebanyak lima kali berturut-turut, lalu memilih yang terbaik diantaranya. Lainnya adalah kamera depan, dengan resolusi 2,1MP.

Untuk spesifikasinya sendiri, Samsung Z menggunakan layar jenis AMOLED dengan dimensi 4,8 inci dan dukungan resolusi HD 720p. Sedangkan pada bagian dapur pacunya, menggunakan prosesor Quad Core berkecepatan 2,3GHz yang kemungkinan merupakan produk dari Qualcomm. Tak ketinggalan dukungan memori RAM sebesar 2GB dan memori internal 16GB. (WNH/HZ)

tizen-os1

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0