telset

Hebat! Suami-Istri Asal Singapura Ini Ciptakan Robot Pintar

Telset.id, Jakarta  – Pencipta robot asal Singapura, Wong Choon Yue, tampak mengangkat tangan kiri , kemudian menggeseknya ke sensor. Di seberang ruangan, sebuah robot bernama EDGAR meniru gerakan Wong.

Robot itu berwajah ekspresif, terbuat dari polietilen. Dua tangan dan tubuhnya ditopang troli beroda. Tak cuma meniru gerakan, ia juga mengayunkan ke tangan ke istri dan rekan Wong, Pang Wee Ching.

{Baca juga: Robot Mungil Ini Bisa Ajari Anak-anak Cara Coding}

Selama enam tahun, Wong dan sang istri telah mengembangkan EDGAR, Expressions Display and Gesturing Avatar Robot, yang memungkinkan orang-orang mengirimkan gerakan dan ekspresi wajah satu sama lain.

Mereka mengatakan, dikutip Telset.id dari Reuters, Kamis (12/9/2019), proyek tersebut adalah langkah maju di bidang komunikasi. Orang-orang bisa menambahkan suara dan video lewat aplikasi seperti Skype.

Robot otonom lain karya mereka, EDGAR-2, yang juga berbentuk humanoid, bahkan bisa menjawab pertanyaan dan melakukan percakapan secara panjang. “Sangat keren,” kata seorang mahasiswa, Edora Kwak.

Bagi Pang dan Wong, yang menjadi suami-istri setelah satu dekade lalu dipertemukan di tempat kerja, EDGAR dan EDGAR-2 sudah dianggap sebagai anak sendiri. “Ada kehidupan di dalamnya, “kata keduanya.

{Baca juga: Biar Gak Jatuh, Peneliti Ciptakan Ekor Robot untuk Lansia}

Pasangan tersebut punya bayi laki-laki bernama Gabriel pada bulan lalu. Pang, yang memprogram EDGAR dan EDGAR-2, kadang tertawa jika diminta untuk memilih, apakah membesarkan Gabriel atau robot. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0