telset

Hebat! Antariksa India Kirim Robot Humanoid ke Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta India berencana untuk mengirim robot humanoid perempuan ke luar angkasa. Robot yang tampak realistis tersebut bernama Vyommitra. Robot India ini kemungkinan akan menjalankan misi pada akhir tahun mendatang.

Kepala Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, Kailasavadivoo Sivan, menggambarkan Vyommitra sebagai robot “setengah manusia”. Alasannya, ia tidak memiliki kaki. Namun, ia digambarkan sebagai seorang wanita.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Selasa (28/01/2020), robot humanoid perempuan ini mampu berbicara dua bahasa dan akan berkomunikasi dengan kontrol misi. Ia bisa berkomunikasi dengan astronot masa depan.

{Baca juga: iRobots, Robot Cacing yang Bisa “Merangkak” ke Otak Manusia}

Badan antariksa India meluncurkan prototipe robot Vyommitra pada sebuah acara media di Bengaluru di India, beberapa waktu lalu. Acara itu memang diadakan untuk menampilkan skema bagaimana robot bisa bergerak.

Meski tampak menakjubkan, beberapa ahli tetap mempertanyakan keputusan India untuk menggunakan robot humanoid guna mengendalikan misi tanpa awak, daripada memiliki software yang dapat diprogram khusus.

{Baca juga: Duh! Ini 7 Robot Pekerja yang Bisa Gantikan Manusia}

Robot humanoid

Sivan pun menyatakan, bahwa robot humanoid Vyommitra nantinya akan menginspirasi orang-orang India dan menyoroti prestasi negara di luar angkasa. Namun demikian, Vyommitra hanyalah sebagian dari rencana besar India untuk ruang angkasa.

Bulan lalu, pesawat ruang angkasa India yang hancur menabrak Bulan pada September 2019 ditemukan oleh NASA.  NASA menyebut, upaya pesawat India mendekat ke permukaan Bulan adalah pencapaian luar biasa. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0