telset

Hati-hati! ‘New Year Virus’ Incar Pengguna WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Ucapan selamat Tahun Baru biasanya berisi harapan dan doa yang terbaik. Namun untuk yang satu ini Anda harus hati-hati. Sebuah virus jahat yang disebut “New Year Virus” atau virus Tahun Baru sedang mengincar pengguna WhatsApp.

Dilansir Telset.id dari Sogamnews pada Selasa (07/01/2020) virus tersebut secara tampilan berupa pesan berisi ucapan Selamat Tahun Baru. Namun di balik pesan tersebut ada link yang mengarahkan pengguna ke situs jahat yang mengandung virus.

{Baca juga: 100 Miliar Pesan Terkirim via WhatsApp Jelang Pergantian Tahun}

New Year Virus menyebar melalui pesan WhatsApp yang mengarahkan ke halaman web yang berisi file berbahaya. Jika pengguna mengklik tautan tersebut, maka akan membuka jalan bagi virus untuk menginfeksi smartphone atau komputer Anda.

Akibatnya, virus ini bisa menyebabkan iklan yang mengganggu dan muncul terus menerus, permintaan data pribadi, dan penawaran keanggotaan ke beberapa layanan.

Virus Tahun Baru adalah virus yang mudah dikenali namun faktanya sangat jelas bahwa itu mengarah ke konten yang berbahaya. Apalagi virus ini hadir saat momen pergantian tahun, sehingga pengguna bisa terkecoh.

Virus ini kabarnya menyebar di beberapa negara, namun tidak jelas apakah ada pengguna WhatsApp di Indonesia yang menjadi korban.

Sebelumnya keamanan WhatsApp juga disorot akibat kasus Spyware Pegasus. Spyware ini disebut-sebut sebagai biang keladi atas kasus peretasan WhatsApp yang menargetkan 1.400 orang dari berbagai pihak, termasuk diplomat, pembangkang politik, wartawan, dan pejabat senior pemerintah.

{Baca juga: Jahatnya Kemampuan Spyware Pegasus yang Infeksi WhatsApp}

Spyware Pegasus dibuat oleh perusahaan asal Israel, NSO Group. Facebook, sebagai perusahaan pemilik WhatsApp pun mengungkap sejumlah fakta dari kemampuan dalam gugatannya terhadap NSO Group. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0