Hanya 10 Detik, YouTuber Ini Bobol Smart Lock

Telset.id,Jakarta – Kemajuan teknologi memang telah membuat dunia menjadi praktis dan serasa lebih mudah. Tapi di balik semua kemudahan itu, tersimpan bahaya besar jika Anda tidak waspada. Contohnya teknologi smart lock, yang nampak canggih tapi ternyata sangat mudah dibobol.

Peringatan bagi Anda yang suka menggunakan smart locks atau kunci pintar, terutama kunci pintar yang mengandalkan sidik jari untuk otentikasi.

TappLock adalah salah satu smart lock yang banyak digunakan. Perangkat ini awalnya dibuat melalui crowdfunding di sebuah perusahaan startup, Indiegogo. Sekarang gembok pintar ini sudah dapat dibeli bebas di pasaran.

Nah, jika Anda menjadi salah satu yang menggunakan TappLock, maka mulai sekarang harus berhati-hati, Pasalnya, gembok pintar ini sangat mudah untuk dirusak secara fisik dan juga diretas.

Seorang YouTuber, JerryRig membuktikan bahwa ia dapat membuka kunci hingga terbuka dengan menggunakan GoPro mount.

Sementara perusahaan keamanan cyber, PenTest Partners menemukan bahwa pada dasarnya kode aktual dan autentikasi digital pada kunci tidak ada.

Andrew Tierney dari Pen Test Partners memposting video bagaimana cara membuka Tapplock dalam dua detik dengan “sniffing” data di Bluetooth Low Energy dari fitur berbagi akses dengan teman dan keluarga untuk menggunakan kunci dan membuka kunci.

Baca juga: Canggih! Mesin IBM Tebak Password Kurang dari 2 Menit

Kesimpulannya, kunci tidak mengenkripsi semua data, dan mengizinkan siapa saja yang ingin mencari informasi yang dibutukan untuk mengakses kunci dan membukanya.

PenTest Partners juga berhasil membuka kunci dengan pemotong baut ukuran 12 inci. Jadi, masihkah Anda tertarik untuk membeli kunci pintar? Kalau belum percaya gembok pintar kurang aman, Anda harus melihat video di bawah ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here