Hands On : Sony Xperia Z2

_SAM0227Jakarta – Beberapa hari sebelum diluncurkan, Telsetnews berkesempatan untuk bersentuhan langsung dengan flagship terbaru Sony, Xperia Z2. Smartphone ini punya tampilan yang premium. Body-nya dikemas dari bingkai alumunium tunggal yang solid dengan sudut yang lebih halus. Dimensinya juga terlihat sedikit lebih tipis dari Xperia Z1. Meskipun secara keseluruhan, body-nya relatif sebangun, karena selisih ketipisannya hanya 0,2 mm.

Untuk layar, Sony Xperia Z2 menggunakan panel IPS berukuran 5,2 inchi TRILUMINOS dengan LED Live Colour yang diklaim mampu menghasilkan warna yang lebih kaya. Dan itu terbukti saat kami membandingkannya dengan layar Xperia Z1. Tampilan warna pada Xperia Z2 terlihat lebih hidup.  Itu karena teknologi LED Live Colour menambahkan fosfor merah dan hijau, tak seperti umumnya LED lain yang hanya menggunakan diode biru dengan fosfor kuning untuk menghasilkan warna putih yang terang.

Seperti umumnya smartphone Sony, Xperia Z2 juga dibekali dengan ketahanan terhadap air dan debu (IP55 dan IP58). Layarnya dilapisi tempered glass generasi baru yang membuatnya kuat dan tahan terhadap goresan benda tajam.

User Interface

Meski sudah menggunakan sistem operasi Android Kit Kat, tapi “rasa” yang ditawarkan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan interface Xperia Z1. Tampilan menu-nya masih sama dengan generasi Xperia sebelumnya.

Perbedaannya praktis hanya pada penambahan beberapa fitur yang sebenarnya tidak bisa dibilang baru. Sebut saja Smart Backlight Control yang berfungsi untuk memastikan layar tetap menyala selama mata pengguna menatap layar. Fitur tersebut sudah lebih dulu ada di Samsung Galaxy S4 dengan nama Smart Stay. Sementara fitur double tap yang kini ada di Xperia Z2 sama fungsinya dengan fitur Knock On pada LG G2.

Mungkin ini pula yang menjadi alasan Sony untuk tidak meng-highlight fitur tersebut. Yup, Sony lebih memilih untuk menonjolkan fitur noice cancelling yang diklaim mampu meredam suara sekitar hingga 98%. Selain tentu saja fitur Screen Mirroring yang bisa mengalirkan video 4K ke layar TV UHD melalui teknologi Miracast.

Camera

Kamera yang digunakan oleh Xperia Z2 memang masih sama dengan kepunyaan Xperia Z1. Sensornya sama-sama menggunakan CMOS Exmor RS dengan resolusi 20,7 MP. Shutter speed-nya pun relatif sebanding dengan Xperia Z1. Tapi ini tidak berarti jelek, karena kamera Xperia Z1 sendiri masih salah satu yang terbaik di kategori smartphone.

Satu hal yang paling banyak mendapatkan perbaikan adalah fungsi video-nya. Yup, kamera Xperia Z2 punya kemampuan merekam video dengan kualitas 4K. Selain itu, Sony juga menambahkan fitur yang sebelumnya hanya ada di menu kamera foto ke dalam menu video. Sebut saja fitur Timeshift Video yang memungkinkan Anda merekam video dengan kualitas 120 frame per detik dan memilih bagian tertentu untuk diperlambat gerakannya

Lalu ada efek AR untuk video yang memungkinkan Anda untuk merekam video dengan tambahan efek bergerak, seperti dinosurus, aksesoris wajah dan banyak lagi. Selain itu, ada juga fitur Vine untuk membuat video dan berbagi dengan teman dan keluarga Anda.

Selain perbaikan fitur video, Sony juga menambahkan beberapa fitur baru untuk foto seperti defocus background untuk menghasilkan foto dengan latar blur denganca cara menggabungkan dua foto yang diambil dengan setelan fokus yang berbeda.

Overall, perbaikan yang dilakukan pada kamera Xperia Z2, semakin menegaskan ketangguhan Sony dalam hal digital imaging.

Performance

Kemampuan merekam video kualitas 4K tentu butuh dukungan prosesor dan RAM yang mumpuni. Untuk itulah Sony menanamkan chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan CPU Krait quad core 2,13 GHz yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 3 GB. Spesifikasi tersebut sedikit lebih baik dibanding Galaxy S5 yang hanya menanamkan RAM berkapasitas 2 GB.

Connectivity

Sony Xperia Z2 menanamkan hampir semua jenis konektifitas yang lazim ada di smartphone. Untuk komunikasi data, Xperia Z2 support teknologi LTE untuk 10 frekuensi berbeda. Dilengkapi pula dengan teknologi HSPA+, EDGE dan tentu saja GPRS.

Untuk koneksi jarak dekat, Xperia Z2 punya WiFi yang support DLNA, Miracast, Direct, dan Hot Spot. Lengkap dengan bluetooth versi 4 dan NFC. Sedangkan untuk koneksi kabel, Xperia Z2 support MHL 3.0, 5-pin support dan micor USB. Tak ketinggalan teknologi lokasi posisi yang support aGPS dan GLONASS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI