Hacker Berulah Lagi, Curi 80 Juta Data Nasabah Asuransi Kesehatan Anthem

Anthem-Hack_WillJAKARTA – Anthem merupakan perusahaan asuransi kesehatan terbesar kedia di Amerika Serikat. Perusahaan ini pada hari ini melaporkan adanya infiltrasi hacker ke dalam jaringan komputernya, dan mencuri 80 juta data personal nasabahnya.

Seperti dikutip dari Mashable, Jumat (06/02/2015). Presiden dan CEO Anthem Joseph R Swedish mengatakan kejadian ini sangat luar biasa, sebab hacker tidak hanay berhasil mencuri data nasabah, tetapi juga mencuri data pegawai Anthem, termasuk data sang CEO sendiri.

Menurut Anthem, para hacker ini dapat mencuri nama, kelahiran, alamat email, detail pegawai, nomer keamanan sosial, pendapatan, serta alamat rumah nasabah yang terkaver asuransi. Anthem tidak mengatakan adanya pencurian data kartu kredit atau informasi medis yang dijalani nasabah.

Anthem, sebelumnya bernama WellPoint hingga Desember 2014 lalu. Saat ini mengkaver sekitar 37 juta nasabah di puluhan negara bagian di AS, termasuk di California, new York dan Ohio.

Beberapa produk Anthem yang dicuri data nasabahnya antara lain Anthem Blue Cross, Blue Cross dan Blue Shield of Georgia, Empire Blue Cross dan Blue Shield serta Amerigroup. Saat ini FBI sedang menginvestigasi kasus ini dan perusahaan mempekerjakan perusahaan keamanan internet Mandiant untuk memberikan pertahanan jaringan. (AI/MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI