telset

Hacker Berhasil Bobol Kode Sandi iPhone dan iPad

Telset.id, Jakarta – Pendiri Hacker House, Matthew Hickey, yang notabene adalah seorang peneliti keamanan, berhasil menemukan cara untuk membobol kunci kode sandi iPhone dan iPad bikinan Apple.

Sejak rilis iOS 8 pada 2014, semua iPhone dan iPad punya enkripsi kode sandi empat digit atau enam digit. Jika sering salah memasukkan kode sandi sampai batas 10 kali, perangkat otomatis akan terkunci permanen.

Dikutip Telset.id dari ZDNet, Minggu (24/6), Hickey, mampu menerobos enkripsi tersebut. Ia menemukan cara untuk melewati batas 10 kali memasukkan kode sandi. Ia bebas memasukkan kode sandi, bahkan di iOS 11.3.

Baca juga: Begini Cara Hacker Bobol ‘Activation Lock’ iPhone & iPad

“Saat iPhone atau iPad dihubungkan dan peretas mengirim input papan tombol, muncul permintaan yang punya prioritas tanpa batas. Ketimbang satu per satu memakan waktu, kirim saja sekaligus kode sandinya,” papar Hickey.

Ia mengemukakan bahwa metode yang berjalan untuk sistem itu dipengaruhi oleh USB Restricted Mode Apple yang mengunci port Lightning di perangkat iOS jika belum dibuka dalam satu jam terakhir.

Baca juga: Bobol Kunci iPhone, Hacker Minta Tebusan Rp 205 Juta

Beberapa waktu lalu, seorang peretas juga mengklaim memiliki akses ke tools internal Apple. Ia mengaku mampu mengembalikan informasi akun pelanggan. Peretas yang tak diketahui identitasnya itu membongkar akses ke tools internal Apple via Twitter.

Sang peretas mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan akses ke sistem Global Exchange Apple yang berhasil mereka bobol.

Sistem yang terhubung dengan internet tersebut digunakan oleh staf berwenang untuk menangani permintaan perbaikan serta layanan purnajual pelanggan.

Baca juga: Fitur Bawaan iOS Ini Bikin iPhone Rentan Diserang Hacker

Sumber yang dekat dengan sistem Apple tak begitu menggubris akses peretas itu. Pasalnya, alamat web tools internal Apple yang diklaim sang peretas merupakan versi uji coba dari tools Global Exchange. Sistem tersebut pun hanya digunakan untuk pengembang.

Sumber: ZDNet

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0